Porsche Makin Rajin Jualan Madu


LEIPZIG (DP) – Selain panen duit dari hasil penjualan mobil, ternyata Porsche juga rajin panen madu lebah asli. Bisnis sampingan ini sudah berlangsung selama dua tahun.

Turbienchen, itulah nama merek madu kemasan bikinan Porsche. Perlu Anda tahu, madu ini dipanen langsung dari koloni lebah yang hidup di area seluas 132 hektare di Leipzig, Jerman.

Koloni lebah itu terdiri dari sekitar 1,5 juta ekor yang menghasilkan 400 kilogram madu pada 2017 lalu. Madu dalam kemasan itu dipasarkan melalui center shop milik Porsche di Leipzig.

 

Tahun ini, untuk melanjutkan kisah sukses jualan madu yang dirintis sejak tahun lalu, pabrikan mobil mewah ini menambah sekitar 1,5 juta ekor lagi untuk diternakkan.

“Tambahan koloni lebah ini sebagai bukti baru komitmen kami dalam menjaga kelestarian flora dan fauna,” kata Gerd Rupp, ketua dewan direksi Porsche.

Porsche berharap dengan kehadiran lebah-lebah baru itu dapat menjamin panen madu sebanyak 1.000 kilogram. Dan setelah itu akan dipasarkan dalam kemasan apik bermerek Turbienchen. Untuk harganya belum diungkap, tapi yang jelas madu asli ini tak hanya ditawarkan kepada konsumen Porsche, tapi juga untuk masyarakat umum.

Berbicara tentang lokasi peternakan lebah madu milik Porsche ini cukup menarik, karena di area luas tersebut selain dijadikan sebagai arena ujicoba kendaraan untuk medan off-road, juga sebagai habitat dari beragam hewan, mulai dari burung, serangga, kodok hingga kuda dan sapi.

Porsche mengklaim bahwa konsep peternakan di padang rumput di lokasi pengujian kendaraan ini unik di industri otomotif. Ide tersebut muncul pada 2002, ketika Porsche memperkenalkan peternakan kuda Exmoor dan sapi.

Di Jerman, lebah madu adalah serangga yang dilindungi karena populasinya terus menurun dalam dekade terakhir. (dp/Teguh)