Membayangkan Nikmatnya Gowes Sepeda Listrik Ford GoBikes | dapurpacu.id

Membayangkan Nikmatnya Gowes Sepeda Listrik Ford GoBikes


SAN FRANCISCO (DP) – Melakukan aktivitas di perkotaan yang macet tentu menjemukan dan bikin stres bagi kebanyakan pelaju. Tapi lain cerita jika menggowes sepeda tanpa capek menembus kemacetan dengan sepeda listrik GoBikes buatan Ford ini.

Kita tak bicara menggowes GoBikes di jalanan Jakarta atau kota besar lain di Indonesia, karena pasti kurang nyaman. Pasalnya, tak banyak jalan yang menyediakan lajur khusus sepeda di Tanah Air. Nah, sekarang kita membahas keberadaan GoBikes di kota San Francisco, Amerika Serikat. Adalah perusahaan Bike-sharing bernama Motivate yang mengembangkan bisnis sewa sepedanya ke San Francisco dengan mengusung GoBikes.

Kabarnya, Motivate akan mengoperasikan sebanyak 250 unit GoBikes di seantero San Francisco untuk tahap awal. Untuk dapat menggunakannya, pengguna smartphone hanya perlu mengunduh aplikasi khusus atau menggunakan kartu Clipper. Sayangnya, Engadget yang melansir artikel ini tak menyebutkan harga sewa GoBikes tersebut.

Meski berjudul sepeda listrik, tapi GoBikes masih bisa digowes layaknya sepeda biasa. Hanya saja, penggunanya akan lebih nyaman ketimbang menggowes sepeda biasa, karena sepeda listrik ini bisa lebih ngebut hanya dengan gowesan ringan berkat dukungan tenaga dari motor listrik. Kecepatan GoBikes dengan dukungan tenaga listrik bisa mencapai sekitar 30 km/jam, sehingga masih dibolehkan untuk melaju di jalur khusus sepeda.

Sebenarnya, bisnis sewa sepeda listrik di San Francisco bukanlah hal baru, karena sebelumnya Uber telah meluncurkan bisnis serupa dengan menggunakan sepeda bernama Jump. Tapi tak seperti sepeda Jump, baterai pada GoBikes bisa dilepas, sehingga Motivate dapat mengganti dengan baterai yang baru jika baterai lama sudah habis dayanya tanpa harus mengisi ulang dengan waktu yang lama.

Saat ini sudah tersedia 262 stasiun Ford GoBike di San Francisco Bay Area, dan pada akhirnya dapat menampung hingga 2.600 sepeda. Pada kahir tahun ini, Motivate akan menambah stasiun lagi hingga mencapai lebih dari 540 stasiun dengan total 7.000 sepeda. Jika niat itu terlaksana, Motivate akan memiliki program bike-sharing terbesar kedua di Amerika Utara.

Hmmm…kapan layanan seperti ini ada di Indonesia ya? [dp/TGH]