Toyota Camry Ini Punya 'Ekor' Aneh, Apa Gunanya? | dapurpacu.id

Toyota Camry Ini Punya ‘Ekor’ Aneh, Apa Gunanya?


LOS ANGELES (DP) – Pabrikan mobil di seluruh dunia pasti terus sibuk mengembangkan teknologi demi mengejar efisiensi bahan bakar dan juga menekan kadar emisi gas buang. Toyota pun melakukan hal yang sama, tapi peranti yang dipasang bentuknya tak wajar untuk sebuah mobil.

Akan tetapi, Toyota belum menerapkan teknologi tersebut, karena baru sebatas paten yang diajukan ke otoritas di Amerika Serikat pada 2016 silam. Toyota menyebut peranti berbentuk teleskopik yang ditempatkan di buritan kendaraan itu untuk meningkatkan aspek aerodinamika.

Paten yang baru terungkap ke publik pekan ini tersebut diajukan oleh TEMA, yaitu divisi litbang di Toyota North America. Peranti yang bentuknya mirip ekor trenggiling itu bisa bergerak keluar masuk untuk menunjang aerodinamika kendaraan. Mungkin secara fungsi mirip ‘kerudung’ yang biasa kita lihat pada atap kabin truk, yaitu untuk mengalirkan udara yang menerpa kendaraan saat melaju.

Hanya saja, karena bentuk dan posisinya yang aneh, alat penunjang efisiensi bahan bakar itu terlihat aneh dan tak wajar. Jika benar alat tersebut diterapkan, siap-siap saja Toyota menjadi bahan tertawaan.

Meski terlihat alat tersebut memiliki mekanisme khusus agar ‘ekor’ bisa muncul memanjang ke belakang, tapi belum jelas bagaimana cara kerjanya secara pasti.

Pada gambar yang dilansir Autoguide, model kendaraan yang dipasangi alat tersebut adalah sedan Camry. [dp/TGH]