Kesadaran APM laporkan SPK ke Organizer Masih Lamban


JAKARTA (DP) – Usai sudah pesta industri otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Sejumlah pencapaian positif pun berhasil diraih oleh pihak penyelenggara, Dyandra Promosindo, sepanjang berlangsungnya pameran sejak 19 – 29 April lalu.

Paling signifikan adalah tercapainya angka pengunjung yang berhasil memecahkan rekor sepanjang lebih dari 20 tahun Dyandra menggelar pameran serupa. Yaitu sebesar 526.431 orang selama 11 hari.

Tidak hanya itu, pencapaian lainnya berupa nilai transaksi yang tercatat adalah Rp3,7 triliun, dimana jumlah tersebut melampaui angka transaksi tahun sebelumnya (2017), yang meraih Rp3,2 triliun.

“Itupun kami meyakini angka riil ini masih jauh lebih besar, mengingat masih sangat lemahnya tradisi dan kesadaran melaporkan jumlah lembar pemesanan (Surat Pemesanan Kendaraan/SPK) dari APM merek motor dan aksesori ke pihak organizer,” ujar Hendra Noor Saleh, Project Director IIMS.

Pria akrab disapa Kohen ini menyebutkan rekapitulasi SPK sampai hari ini berjumlah 11.075 lembar. “Angka ini segera terkoreksi bila sejumlah APM besar menyampaikan achievement di IIMS dalam beberapa jam ke depan,” sambung Kohen.

Mitsubishi

Namun dibalik itu, sejumlah pencapain positif yang terekam oleh Dapurpacu.id pun berhasil dicatat. Meski tidak seluruhnya, tapi setidaknya beberapa APM peserta pameran memperlihatkan senyum ceria.

Mitsubishi misalnya. Lewat keikutsertaan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan, mendulang sukses besar.

Target yang dicanangkan sebanyak 2.050 unit sepanjang pameran, berhasil terlampaui dengan membukukan angka SPK sebanyak 2.644 unit. Jumlah tersebut bahkan jauh melewati angka perolehan SPK tahun lalu di pameran yang sama yakni sebesar 1.429 unit (85%).

Sayangnya, dalam rilis yang diterima Dapurpacu.id, MMKSI tidak berkenan menjabarkan pencapaian penjualan berdasarkan lini produk yang mereka tawarkan di IIMS 2018.

Jika menilik pada data terakhir yang berhasil dikumpulkan per Jumat (27/4) lalu, dari 1.772 unit yang terjual, Xpander berhasil menyodok Pajero Sport dalam aktivitas penjualan di IIMS 2018. tercatat Xpander terjual 850 unit, Pajero Sport 818 unit.

Baca juga:  Masyarakat Pekanbaru Jajal Fitur WIND Wuling Almaz

Sedangkan dua model anyar yang diperkenalkan di IIMS 2018, yakni Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition dan Triton Athlete, masing-masing menyumbangkan angka 260 unit dan 7 unit.

Toyota

Senyum ceria juga tak kalah dari kubu anjungan Toyota yang mengakhiri pameran dengan angka SPK sebanyak 3.328 unit. Dari 13 unit product display yang hadir, kontribusi terbesar masih berasal dari Avanza, yang membukukan lembar SPK 766 unit.

Disusul All New Rush dengan catatan SPK sebanyak 759 unit, Kijang Innova 405 SPK, Calya sebanyak 389 SPK, dan New Yaris berjumlah 152 SPK. Sementara itu, All New C-HR pun juga turut menyita perhatian pelanggan dengan membukukan 91 SPK.

“Dibanding IIMS tahun lalu, angka penjualan All New Rush mengalami pertumbuhan sangat signifikan, naik tiga kali lipatnya. Pada IIMS 2017, penjualan Rush tercatat sebanyak 251 unit, sedangkan di IIMS 2018 mencapai lebih dari 750 unit,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, dalam siaran resminya.

Mazda

Ajang IIMS 2018 menjadi kunci sukses PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) untuk meniagakan produk Mazda. Pasalnya, sepanjang pameran berlangsung anjungan Mazda mampu menorehkan angka SPK mencapai 700 unit.

Total ada tujuh model yang ditampilkan, yakni Mazda2 Dress-Up, Mazda3 SPEED, Mazda CX-3, Mazda CX-5, Mazda CX9, Mazda6 serta MPV Mazda Biante. Dari total penjualan yang diraih, Mazda2 berkontribusi meraih penjualan sebesar 149 unit atau sebesar 22% dari total penjualan selama IIMS 2018.

Diikuti oleh Mazda Biante sebanyak 126 unit, All New Mazda CX-5 ELITE 104 unit, serta Mazda CX-3, CX-9 dan MX-5 RF yang masing masing terjual sebanyak 3 unit.

Baca juga:  Raih Penjualan Positif di Agustus 2019, Suzuki Targetkan 11% Pangsa Pasar

Keseluruhan unit-unit hasil penjualan selama pameran IIMS 2018 akan segera dikirimkan kepada seluruh pelanggan melalui dealer-dealer resmi dalam jajaran PT Eurokars Motor Indonesia, sesuai dengan SPK antara pelanggan dengan Dealernya pada saat pameran berlangsung.

Wuling Motors

Wuling Motors menjadi salah satu peserta IIMS 2018 yang turut ambil bagian dalam pameran tersebut. Anggapan ‘miring’ soal mobil Cina berhasil ditepis habis oleh Wuling yang tercermin dari pencapaiannya sepanjang ajang ini berlangsung.

Total yang berhasil diraih sebanyak 501 unit, dimana model terbaru Cortez menjadi kontributor terbesar penjualan Wuling. Berdasarkan data dari Kompas.com, secara rinci Cortez menyumbangkan angka 253 unit, di mana paling banyak diserap konsumen adalan versi 1.8L.

Lalu Confero tipe S 1.5L Lux+ sebanyak 76 unit. Sedangkan di seri Cortez ditopang oleh varian teratas yakni 1.8L Lux+ i-AMT sebesar 178 unit. Selain itu, pengunjung yang menjajal mobil-mobil Wuling sepanjang pameran mencapai 744 orang.

Suzuki

Kemunculan All New Ertiga secara tidak langsung mampu mendongkrak performa penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di IIMS 2018. Total yang berhasil dikumpulkan seluruh mobil Suzuki sebanyak 1.411 unit. Jumlah ini melewati target di IIMS 2018, yakni 1.100 unit.

Berstatus world premiere cukup mendaulat All New Ertiga sebagai penyumbang terbanyak sepanjang 11 hari pameran. Yakni sebanyak 764 unit, meski banderol resminya belum dipasangkan oleh Suzuki pada low MPV andalan terbarunya tersebut.

Secara lengkap perolehan SPK Suzuki adalah Ertiga lawas sebanyak 289 unit, Ignis 128 unit dan Baleno 84 unit. Sisanya berasal dari produk Suzuki lainnya seperti S-Cross, APV, Karimun dan niaga

BMW

Tampilan seluruh ‘armada’ BMW dan MINI di pameran IIMS 2018 lalu, cukup berhasil membukukan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak lebih dari 600 unit. Pencapaian ini meningkat 30% dibandingkan dengan hasil yang diraih pada pameran serupa tahun lalu.

Baca juga:  Resmi Meluncur, All New Corolla Altis Tidak Lagi 'Dilebeli' Sedan Kompak

Tiga kontributor penyumbang penjualan BMW disumbangkan oleh BMW Seri 3, Seri 5 dan X1. Sementara untuk MINI, respon positif ditorehkan oleh MINI 3-Door dan All-new MINI Countryman.

Kesuksesan lainnya didapat dari penghargaan booth kendaraan roda empat terbaik kategori ukuran 500-999 meter persegi. BMW mengklaim All New BMW X3 juga mendapat sambutan positif dari pengunjung.

Model premium mid-size Sport Activity Vehicle (SAV) terbaru dari BMW Indonesia ini telah berikan definisi baru bagi pengalaman berkendara dinamis, efisien dan tangguh di segala medan.

All-new BMW X3 tetapkan tolak ukur baru di segmen medium SAV dalam hal desain, teknologi sasis ringan, kenyamanan, konektivitas dan pengalaman berkendara khas Sheer Driving Pleasure.

Honda

Dapat dikatakan anjungan Honda menjadi yang tersukses sepanjang digelarnya pameran IIMS 2018. Pasalnya, sejumlah 3.661 lembar SPK mampu dibukukan oleh Honda, dimana angka tersebut berhasil menumbangkan Toyota.

Sayangnya, lagi-lagi, Honda juga urung menjabarkan rincian detail kontribusi yang dihasilkan dari tiap model yang ditampilkan. Berdasarkan rilis, Honda mengklaim Brio menjadi kontributor terbesar pada penjualan di ajang ini.

Dilanjutkan oleh HR-V, lalu Mobilio dan BR-V. Berkat tampilan terkininya, CR-V melengkapi penjualan terbesar Honda pada IIMS kali ini. Sebagai informasi, Honda tampil dengan 29 mobil di atas booth berukuran 1.661 m2.

Untuk mendorong penjualan, Honda menawarkan berbagai program penjualan. Antara lain TDP ringan Rp21 juta, bunga ringan 0% selama 3 tahun, cicilan ringan Rp1 juta per bulan, Lucky Dip hingga milyaran rupiah, serta berbagai bonus dan hadiah langsung.

Honda juga memperkenalkan penyegaran untuk New Honda BR-V serta edisi spesial dari Honda Mobilio. Tak kalah menarik, Honda juga menghadirkan Honda Small RS Concept untuk pertama kalinya di dunia yang pada ajang ini dan berhasil mendapatkan gelar “Best World Premiere”. [dp/MT]