Ini Bukti Keseriusan Michelin Berbisnis di Indonesia


JAKARTA (DP) – Ketika mendengar kata Michelin, Anda pasti membayangkan tentang ban untuk balapan kendaraan roda dua maupun roda empat. Padahal Michelin juga menghasilkan banyak jenis ban untuk berbagai kebutuhan konsumen dengan mengutamakan aspek keselamatan.

Country Director PT Michelin Indonesia, Fritz Mueller, menyatakan bahwa kehadiran Michelin di Indonesia tentunya ingin memberikan pemahaman tentang ban sebagai penunjang utama keselamatan berkendara.

“Berbagai kampanye mengenai road safety telah dilakukan sejak 2012 dengan menyasar berbagai segmen pengguna. Intinya, ban Michelin berguna untuk menunjang keselamatan siapa saja,” kata Mueller kepada media di sela acara buka puasa bersama di Jakarta, Senin (4/6).

Sementara itu, Public Affairs and Corporate Communications PT Michelin Indonesia, Nora Guitet, menambahkan bahwa keseriusan pabrikan ban asal Perancis ini terlihat dari kiprahnya di Tanah Air sejak era 1990-an hingga sekarang.

Menurut Nora, dalam bisnisnya di Tanah Air, Michelin tak hanya berjualan ban, tapi juga menjalin kemitraan dengan perusahaan lokal dengan membentuk perusahaan patungan.

Baca juga:  Juara Dunia Lagi, Marc Marquez Diganjar BMW M3 CS

“Pada April 2011, dibentuklah PT Michelin Indonesia dan bekerjasama dengan distributor hampir di semua provinsi. Kemudian Michelin Group membentuk perusahaan patungan dengan PT Chandra Asri untuk memproduksi karet sintetis,” jelasnya.

Tak hanya itu, Michelin Group kembali mendirikan perusahaan patungan bersama PT Barito Pacific dengan nama PT Royal Lestari Utama, yang melakukan penanaman karet alam dengan total luas lahan 88.000 hektare di Jambi dan Kalimantan Timur.

Selain berbisnis, Michelin Indonesia juga memiliki tanggung jawab moral terhadap keselamatan masyarakat, khususnya pengguna kendaraan bermotor. Untuk itu, perusahaan ini menggelar berbagai kegiatan Road Safety atau keselamatan berkendara.

Uniknya, selain melibatkan pengguna langsung, seperti pengemudi bus dan truk, kalangan masyarakat serta komunitas otomotif, beragam edukasi tentang keselamatan berkendara juga diberikan kepada anak-anak usia sekolah, baik TK maupun SD.

“Kami juga berkeliling ke sejumlah sekolah menengah untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap keselamatan berkendara. Untuk kegiatan ini kami menggandeng Korlantas Polri dan IMI DKI Jakarta,” sebut Nora.

Baca juga:  Dua Agenda Ini Bakal Diusung GIIAS 2018

Bahkan Michelin Indonesia juga pernah mengundang pebalap nasional Rio Haryanto dan duet pebalap MotoGP dari Tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai keselamatan berkendara.

Kegiatan edukasi terbaru yang dilakukan Michelin Indonesia, yaitu pada April hingga Mei 2018, adalah bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara Jakarta untuk memperkenalkan faktor keselamatan sebagai bagian dari DNA perusahaan. [dp/TGH]