Porsche Macan 2019 Siap Keluarkan ‘Cakarnya’


INGOLSTADT (DP) – Setahun setelah Porsche Macan 2019 mulai diujicoba di jalan umum, kini beredar gambar-gambar SUV mewah ini dalam versi prototipe yang sudah semakin jelas bagaimana bentuk versi produksinya.

Meski sudah melepas sebagian besar stiker kamuflasenya, tapi dalam gambar terbaru ini ada beberapa bagian yang masih tertutup stiker, yakni pada lampu utama, lampu belakang dan bumper depan. Kemungkinan tampilan Porsche Macan anyar ini lebih modern.

Tapi secara umum, desain eksterior Macan 2019 masih sama dengan versi yang beredar sekarang. Meski demikian, desain bumper depan, gril dan lampu utama tampak berbeda.

Layaknya new Panamera, Porsche Macan 2019 kemungkinan juga akan dibekali Porsche Communication Management (PCM) yang mengendalikan seluruh aplikasi hiburan, layar resolusi tinggi yang peka terhadap sentuhan, sistem audio canggih, plus sejumlah fitur lainnya. Selain itu, kabin new Macan akan menggunakan material baru, velg anyar, warna segar dan lainnya yang serba baru.

Kemudian, beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan kemungkinan besar akan disematkan pada new Macan, meliputi Night Vision Assist, Lane Change Assist, Lane Keeping Assist dan Traffic Jam Assist. Semua fitur ini sebenarnya sudah dibenamkan pada Cayenne 2018.

Selain fitur dan kabin, sektor dapur pacu juga tak luput dari pembaruan. Meski Porsche masih belum berterus terang, tapi diperkirakan new Macan akan memiliki pilihan dapur pacu, misalnya plug-in hybrid, mesin hybrid bensin, yang disebut-sebut untuk menggantikan varian diesel. Namun, semua itu masih rumor, karena Porsche belum sekali pun memberikan konfirmasi.

Beberapa laporan media menyebutkan bahwa mesin bensin 2.0-liter turbocharged segaris 4 silinder yang dipakai Macan model 2018 akan di-upgrade tenaganya menjadi sekitar 300 horsepower, dari yang saat ini sebesar 248hp/252PS.

Kabar lainnya menyatakan varian Macan S akan mengusung mesin anyar milik Panamera berkapasitas 3.0-liter V6 turbo bertenaga sekitar 355hp, naik dari 335hp. Sedangkan Macan Turbo akan menggusur mesin 3.6L V6 Turbo dan digantikan dengan mesin 2.9-liter V6 turbo bertenaga 434hp.

Porsche Macan 2019 dijadwalkan melakukan debut akhir tahun ini, yang kemungkinan bertepatan dengan perhelatan Paris Motor Show. [dp/TGH]