Kelak Semua Mobil Hyundai Punya Keunikan Sendiri


SEOUL (DP) – Hyundai tak lagi tertarik menciptakan mobil yang memiliki desain yang mirip satu sama lain. Sebagai gantinya, semua mobil Hyundai akan punya ciri khas dan keunikan masing-masing.

Kepada Automotive News, kepala desain Hyundai, Luc Donckerwolke dan Sang-Yup Lee, mengatakan Hyundai pada awalnya menciptakan mobil yang memiliki desain mirip satu sama lain. Hal ini dimaksudkan untuk membangun pengenalan terhadap merek Hyundai secara global.

Nah, dengan makin dikenalnya Hyundai sebagai merek otomotif terkemuka dari Korea Selatan, mereka kini mulai menanamkan daya tarik dan emosi ke dalam diri kendaraan sehingga lebih mampu menyasar konsumen sesuai segmentasinya.

Dalam beberapa bulan terakhir, pabrikan mobil asal Negeri Ginseng ini telah memperkenalkan dua mobil konsep, yang akan menjadi pembuka bagi lahirnya model-model kendaraan Hyundai yang memiliki desain khas antara satu model dengan model lainnya.

Kendaraan konsep pertama adalah sedan HDC-1 Le-Fil Rouge yang debut di Geneva Motor Show pada Maret lalu, dengan mengedepankan bentuk evokatif dan sporty. Dan hanya dalam beberapa bulan kemudian, Hyundai memperkenalkan konsep SUV bernama HDC-2 Grandmaster, yang diwarnai dengan beragam elemen desain yang lain daripada yang lain.

“Kami tidak ingin saling kloning lagi. Dan ketika Anda melihat dua atau tiga model kendaraan memiliki tampilan yang sama, tak peduli sebagus apapun, seluruh daya tarik itu akan lenyap,” kata Donckerwolke.

Dengan mengadopsi tagline ‘Sensual Sportiness’, filosofi desain anyar ini akan membuat seluruh model masa depan Hyundai memiliki bentuk atletis.

Menurut Donckerwolke, tiap-tiap model kendaraan harus bisa menampilkan gaya yang mampu menjaring ketertarikan konsumen. Contohnya, Sonata dan Elantra terlihat sangat mirip, tapi pembeli Sonata biasanya jauh lebih tua ketimbang pembeli Elantra. [dp/TGH]