Bajaj Qute Siap Jadi Taksi di India, Bagaimana Indonesia?


NEW DELHI (DP) – Bagi publik Jakarta, keberadaan Bajaj Qute bukanlah hal asing, karena kendaraan roda empat bermesin 216cc ini sudah digunakan di beberapa wilayah sebagai pengganti bemo. Tapi di India, Bajaj Qute tengah disiapkan sebagai armada taksi online.

Rencana itu akan dilaksanakan menyusul keluarnya izin dari Kementerian Perhubungan Darat dan Jalan Raya India (MoRTH) untuk penggunaan Quadricycle (kendaraan roda empat bermesin sepeda motor) sebagai kendaraan yang bebas beroperasi di jalan raya. Dengan begitu, Bajaj Qute siap diluncurkan di pasar India sebagai sarana transportasi umum baru.

Menurut laporan BW Business World, Bajaj akan menjalin kerjasama dengan operator taksi online, yakni Ola dan Uber, untuk memasok Qute kepada mereka.

“kami telah melakukan serangkaian pembicaraan dengan sebagian besar operator taksi, dan juga pengelola taksi online, seperti Meru, Ola, dan Uber,” kata Ramesh Chandra Maheshwari, Presiden Bajaj Auto bidang Bisnis Kendaraan Komersial.

Baca juga:  Kala Suzuki Berikan Layanan Lebih Bagi Konsumennya

Uber dan Ola sama-sama memasukkan becak otomatis sebagai salah satu kategori kendaraan di dalam aplikasi mereka. Untuk Qute sendiri merupakan pengembangan dari kendaraan roda tiga (Bajaj roda tiga). Dan rencana pemakaian Qute sebagai transportasi umum, membuat Bajaj Auto melakukan perbaikan pada kendaraan ini, seperti penguatan pada struktur pintu empat dan juga tempat duduk yang lebih nyaman, sehingga lebih aman untuk melakukan perjalanan jarak pendek di perkotaan.

Karena masuk dalam kategori quadricycle, maka bobot kendaraan ini harus kurang dari 475 kg. Selain itu, kendaraan ini juga harus menjalani uji tabrak dan menggunakan peranti keselamatan dasar, seperti sabuk pengaman dan pencahayaan. Untuk memenuhi tingkat emisi yang dipersyaratkan bagi kendaraan jenis quadricycle adalah berbahan bakar bensin, diesel, CNG, LPG, hybrid dan listrik.

Untuk dimensi panjang Bajaj Qute adalah 2.752 mm, lebar 1.312 mm, dan tinggi 1.652 mm, sedangkan wheelbase sepanjang 1.925 mm. Qute mengusung mesin DTS-i berkapasitas 216,6 cc dengan pendingin cairan. mesin ini menghasilkan tenaga 13,2 PS dan torsi 19,6 Nm, yang disalurkan melalui girboks sequential 5 percepatan. Juga tersedia varian yang dapat menenggak CNG dan LPG. Qute akan menjadi quadricycle buatan India pertama yang memenuhi standar emisi Eropa.

Baca juga:  All New Suzuki Ertiga Akan Diproduksi di Indonesia, TKDN 84%

Jika melihat komitmen India untuk menempatkan Qute sebagai salah satu kendaraan transportasi umum, terutama taksi online, menarik juga jika diterapkan di Tanah Air, karena akan lebih disukai berkat dimensinya yang kecil sehingga lincah untuk menghindari kemacetan. Selain itu juga lebih nyaman ketimbang ojek online, karena penumpang bisa terlindung dari terik matahari dan guyuran hujan.

Hanya saja, sejauh ini pemerintah belum terlihat akan menerbitkan regulasi yang memungkinkan Bajaj roda empat bisa beroperasi di seluruh penjuru Jakarta atau kota besar lain di Indonesia. Kalau pun di beberapa wilayah Jakarta, Qute diizinkan beroperasi, itu lebih sebagai solusi untuk menggantikan peran bemo yang sudah tidak layak dan tidak ramah lingkungan.

Bajaj mengekspor Qute ke Indonesia dan Turki. Rencananya, penjualan ekspor akan dikembangkan ke 14 negara lainnya di dunia, meliputi Thailand, Bangladesh, Mesir, dan Ethiopia. [dp/TGH]