Layakkah Vespa Sprint Carbon Dimiliki?


JAKARTA (DP) – Seakan tidak ada habisnya Piaggio Indonesia (PID) memanjakan pecinta skuter dengan produk-produknya. Kali ini PID kembali memperkenalkan Vespa Sprint Carbon dengan ‘status’ edisi terbatas.

Melihat beberapa tahun kebelakang, Piaggio Indonesia juga telah membawa produk edisi khususnya dengan tipe Vespa 946. Terakhir adalah 946 Red.

Tipe ini terbilang langka, pasalnya PID hanya membawa unit tersebut dengan jumlah unit terbatas dan harga yang terbilang fantastis, yaitu Rp 199 juta.

Kehadiran 946 Red sendiri adalah hasil dari kerja sama dengan salah satu perusahaan amal dunia untuk memerangi penyakit membahayakan seperti AIDS.

Terlepas dari itu, tujuan konsumen membeli motor ini diyakini menjadi investasi jangka panjang, seperti yang dilakukan para kolektor motor. Populasinya yang tergolong sedikit plus harga yang fantastis, menjadi pertimbangan mengapa motor  ini patut jadi koleksi di rumah.

Berbeda dengan 946 edisi khusus yang harganya cukup menguras kantong, Sprint Carbon juga menjadi produk edisi khusus yang harganya masih cukup terjangkau. Yaitu Rp 42,5 juta on the road Jakarta.

Baca juga:  Toyota Indonesia Siap Dukung Program Penurunan Emisi 29%

Sejatinya, kehadiran Sprint Carbon ini masuk dalam agenda Piaggio yang rutin mengenalkan produk edisi khusus setiap tahunnya.

Marco Noto La Diega, President Director Piaggio Indonesia mengatakan, jumlah unit lebih banyak dibanding edisi eksklusif lain seperti 946 Red Edition atau Sei Giorni. Sebagai informasi jumlahnya hanya 10 persen dari pasar Sprint standar.

Namun pantaskah Sprint Carbon menjadi salah satu investasi jangka panjang di bidang otomotif? Secara spesifikasi mesin dan fitur tak ada perbedaan. Hanya pada bagian desain jok dan warna pada motor yang jadi pembedanya.

Vespa Sprint Carbon hadir dengan satu warna yaitu hitam. Laburan warna hitam juga menyelimuti beberapa bagian lainnya.

Meliputi pelindung knalpot dan velg, dengan aksen merah menempel di bagian velg dan bodi. Pembeda lain dari model standar adalah dasi berkelir carbon dengan list merah pada ventilasi angin.

Baca juga:  Penjualan Mobil di AS April Loyo, Jeep Paling Oke

Beberapa pembeda ini tidak dijual secara terpisah oleh dealer. Untuk mendapatkannya Anda harus membeli unit tersebut. Jika harus modifikasi, dana yang harus Anda keluarkan lebih dari Rp 500 ribu (perbedaan harga Spesial edition).

Untuk sebuah nilai investasi kembali ke kantong dan penilaian Anda. Namun untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari rasanya cocok bagi rider yang suka dengan tampilan sporty. [dp/ARB]