Michelin Luncurkan Ban Khusus Untuk Kendaraan Niaga Ringan


LUMAJANG (DP) – Peningkatan mobilitas kendaraan komersial di Indonesia tidak terlepas dari semakin menggeliatnya perekonomian Indonesia, terutama di sektor logistik.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia 2017 meningkat hingga 5,07%, sementara di tahun sebelumnya pertumbuhan ekonomi nasional di angka 5,03%.

Meski lonjakannya terbilang tipis, namun, justru membawa ‘berkah’ bagi produsen ban untuk terus menghadirkan beragam produk yang dikhususkan untuk kendaraan komersial, terutama kendaraan angkutan ringan atau Light Commercial Vehicle (LCV).

Seakan ingin menjawab tantangan tersebut, PT Michelin Indonesia resmi meluncurkan produk ban terbarunya, yaitu Michelin XCD 2, ban yang diperuntukkan bagi LCV yang beredar di Tanah Air.

Ban ini diklaim mampu memberikan performa ban yang optimal dengan tingkat keselamatan terbaik di kelasnya. Seperti produk ban Michelin lainnya, fitur-fitur unggulan pun ditanamkan pada ban ini.

Baca juga:  Wujud Peduli Michelin Bagi Penyandang Disabilitas

President Director Michelin Indonesia Fritz Mueller berharap dengan menggunakan Michelin XCD 2, para pelaku usaha dapat memperoleh manfaat maksimal melalui tingkat keamanan berkendara dan efisiensi yang lebih baik.

“Aktivitas ekonomi yang terus meningkat mendorong mobilitas kendaraan komersial di Indonesia. Oleh karena itu, hadirnya ban ini untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha agar kegiatan usahanya memberikan manfaat yang optimal,” jelas Fritz, saat peluncuran produk di Bromo, Jawa Timur, Minggu (8/7).

Sejumlah fitur unggulan disematkan pada Michelin XCD 2 meliputi jarak tempuh yang lebih panjang, di mana ban ini memiliki kombinasi compound yang mumpuni.

Ban ini punya lapisan luar yang keras berasal dari 100% karet alami, yang melindungi lapisan casing dan lapisan dalam yang lebih lunak terbuat dari karet sintetis yang mampu mengurangi panas.

Selain itu, ban diklaim lebih kuat dan tidak mudah rusak, karena memiliki bead yang kuat, tambahan 5 kawat baja, daya tahan bead lebih baik, serta tidak mudah rusak pada saat pemasangan maupun pelepasan ban.

Baca juga:  Wuling Peduli Pada Konsumennya di Lombok

Terakhir adalah handling yang lebih baik, karena menggunakan lapisan karet di bagian bawah sidewall, bead lebih kuat 45%, sidewall yang lebih kokoh membuat handling lebih stabil.

Bersamaan dengan peluncuran tersebut, Michelin Indonesia turut pula mengundang komunitas kendaraan angkutan ringan yang tergabung dalam Komunitas Eltitusi (L300 Indonesia).

Mereka diberikan kesempatan untuk menjajal lebih awal ban Michelin XCD 2 tersebut di jalur sekitar gunung terindah di Kota Malang, Jawa Timur, ini. Tak hanya itu, para sopir juga diberikan edukasi terkait keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Marketing Director Michelin Indonesia Putu Yudha berharap para ujung tombak bisnis angkutan ini dapat memahami berbagai aspek mengenai berkendara yang aman, mencakup aspek pemakaian dan perawatan ban.

“Kami berharap bentuk dukungan Michelin melalui edukasi keselamatan berkendara kepada para pengemudi LCV dapat memberikan nilai tambah yang optimal bagi para pelaku usaha logistik, termasuk menciptakan efisiensi di sektor logistik nasional,” tutup Putu. [dp/MTH]