Yamaha Niken 2019, Motor Roda 3 Canggih Berbanderol Rp230 Jutaan


LOS ANGELES (DP) – Yamaha terus memperkuat segmen motor premium dengan rencana memasarkan motor roda tiga bernama Niken pada September mendatang dengan banderol harga US$15.999 atau setara Rp230 jutaan.

Namun rencana Yamaha itu untuk menyasar pasar Amerika Serikat dan penjualannya pun hanya melalui sistem pemesanan online layaknya yang dilakukan di Indonesia untuk model X-Max 250.

Menurut Yamaha, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/7), konsumen yang berminat memboyong Niken hendaknya segera melakukan pemesanan, karena ketersediaan motor roda 3 itu sangat terbatas. Di negerinya Presiden Donald Trump itu, Yamaha Niken hanya tersedia pilihan warna Granite Gray.

Untuk memesan Niken, konsumen harus mengakses link URL untuk pemesanan dan wajib mengikuti instruksi yang ada. Setelah itu, syarat lainnya adalah menyimpan deposit $500 sebagai bentuk konfirmasi, dan Yamaha memberikan garansi selama satu tahun.

Selain desainnya, Niken sendiri memiliki teknologi unik sehingga dijuluki sebagai sepeda motor Leaning Multi-Wheel (LMW). Motor ini menggunakan sistem yang memungkinkan kedua roda depan (velg alloy 15 inci dan ban 120/70R15) rebah secara bersamaan ketika berbelok. Sistem suspensinya juga mampu meredam kedua roda depan dengan baik, terutama ketika melintasi jalan dengan permukaan tidak rata dan buruk.

Baca juga:  Rekayasa Contraflow Bakal Diterapkan Pada Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk dapur pacunya, Niken mengusung mesin 3 silinder segaris dan ditunjang transmisi 6 percepatan yang dilengkapi dengan multiple assist dan kopling slipper wet (basah). Sebagai peranti penghenti laju, Niken memanfaatkan rem cakram dengan kaliper radial empat piston di depan, dan rem cakram besar untuk roda belakang.

Tak hanya itu, Yamaha Niken juga disematkan sejumlah teknologi canggih untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan pengendaranya, seperti sistem gas ride-by-wire, pemetaan bukaan gas yang bisa disesuaikan, kontrol traksi dan rem ABS. Cruise control terintegrasi juga ditawarkan sebagai peranti standar.

“Dengan sistem leaning multi-wheel (LMW) yang unik, Yamaha Niken tampil sangat sporty dan karakteristik pengendalian mumpuni, dipadu dengan daya cengkeram yang ditingkatkan sehingga membuat pengendara penuh percaya diri saat berbelok dan melintasi berbagai permukaan jalan. Dengan begitu, pengendara Niken bisa melibas permukaan jalan keriting tanpa perlu merasa stres,” kata Yamaha. [dp/TGH]