Honda Makin ‘Keras’ Dengungkan Aman Berkendara di Jalan


SENTUL (DP) – Sejalan dengan didengungkannya kampanye global ‘Safety for Everyone’, PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar pelatihan aman berkendara di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/7).

Kegiatan bertajuk ‘Honda Safety Driving Clinic’ ini diikuti konsumen dan juga perwakilan dari berbagai komunitas Honda. Dalam event ini, HPM ‘mengutus’ hatchback andalannya New Jazz untuk menemani peserta melakoni seluruh kegiatan yang dilaksanakan.

Yulian Karfili, Public Relation Assistant Manager HPM, mengatakan bahwa dalam acara ini pihaknya ingin mengenalkan lebih dalam seluruh perangkat keselamatan khususnya yang ada pada Honda Jazz ini.

Tak hanya itu, seluruh peserta juga diberikan teori-teori berkendara aman yang aplikatif untuk kondisi sehari-hari. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi praktik di area yang telah disediakan.

“Di bawah slogan safety for Everyone, Honda punya visi untuk menciptakan lingkungann yang aman bagi seluruh pengguna jalan. Dan langkah ini tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, melainkan di negara-negara lain,” ujar Karfili.

Baca juga:  Inilah Konsumen Pertama Honda CB650R Spesial di Jakarta

Untuk itulah, lanjut Karfili, pihaknya akan terus memberikan edukasi untuk seluruh konsumen Honda agar tetap dan selalu berkendara dengan aman di jalan.

Alvin Bahar, pebalap Honda Racing Team Indonesia, juga turut memberikan ‘wejangan’ kepada seluruh peserta mengenai pengetahuan dan trik dari lintasan balap. Menurutnya, jalan raya bukan lah arena balap dan jangan sampai merugikan pengguna jalan lain.

“Bagaimana pun, antara balap dan safety driving sangat berkaitan erat. Di dunia balap juga tetap menerapkan unsur tersebut namun dengan kondisi kecepatan tinggi. Maka dari itu, ukuran kecepatan juga dan aman berkendara juga untuk orang lain,” lanjut Alvin.

Adapun materi praktik yang diberikan meliputi Narrow Road, teknik mengendarai mobil di jalann sempit, Slippery Road di mana mobil dipasangkan skid wheels pada roda belakang.

Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui sekaligus bagaimana mengendalikan mobil saat terjadi oversteer maupun understeer. Sedangkan pada sesi Reactive Braking, peserta dilatih untuk melakukan pengereman yang aman dan efektif dalam berbagai kondisi darurat kala berkendara. Sesi praktik ditutup dengan dengan pelatihan slalom.

Baca juga:  Aprilia SR Max 300 Layak Tantang Yamaha Xmax dan Honda Forza

Di Indonesia, ‘Safety Driving Clinic’ ini menjadi bagian dari kampanye #AmanDiJalan yang sudah dicanangkan sejak keikutsertaan Honda pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, medio April lalu.

Saat itu, anjungan Honda menampilkan ‘Safety Zone’ di mana pengunjung dapat mempelajari fitur-fitur dan teknologi keselamatan yang ada pada lini produk Honda. [dp/MTH]