Toyota Land Cruiser Racikan Wald Bikin Mata Ogah Berkedip


TOKYO (DP) – Toyota Land Cruiser boleh dibilang sebagai salah satu model SUV terbaik di kelasnya. Kesan sebagai mobil premium tampak dari tampilannya yang konservatif dan sejumlah perlengkapan dan fitur papan atas.

Tak cuma itu, dengan bodi bongsor dan kekar, Land Cruiser juga menyediakan ruang kabin ekstra luas, sehingga mumpuni untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan pemiliknya.

Belum lagi kemampuan menerjang medan berat (off-road), Land Cruiser banyak dipilih lembaga internasional, khususnya di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk diterjunkan dalam berbagai misi perdamaian dan penengah konflik di kawasan ‘paans, seperti Timur Tengah dan Afrika.

Dengan kemampuan off-road yang telah diakui dunia itu pula yang membuat tak sedikit penggemar SUV mewah ini mengubah tampilan Land Cruiser sedemikian rupa sehingga menghilangkan ciri khasnya.

Tapi rumah modifikasi dan tuner asal Jepang, Wald International, baru saja merilis paket aksesoris untuk Land Cruiser yang akan mengubah tampilan SUV ini lebih agresif namun tetap elegan.

Baca juga:  Ini Aston Martin Varekai, Si Calon Penantang Lamborghini Urus

Wald menawarkan dua paket body kit, yang pertama diberi nama ‘Standard’. Paket ini meliputi bumper depan dan belakang yang mengalami ubahan dari versi standar dengan lebih mengesankan tampilan lebih agresif, ditambah spoiler, LED DRL dan lampu belakang LED.

Untuk paket kedua yang ditawarkan Wald sedikit lebih ekstrem, seperti penambahan fender lebar yang dilengkapi lampu LED agar lebih mudah terlihat di malam hari.

Menurut Wald International, seperti dilansir Carscoops, kedua varian SUV beda gaya tersebut sama-sama menggunakan roda baru, yaitu berukuran 10×22 inci untuk model ‘Standard’ dan 10,5×22 inci untuk model kedua. Ada juga versi ‘Wide Body Program’, demikian julukan yang diberikan Wald International, yang dapat menggunakan roda ukuran 10,5×24 inci.

Tak cuma dari sisi tampilan, peningkatan performa juga dilakukan pada sistem pengereman, dengan menggunakan kaliper 405×34 8-pot.

Sentuhan terakhir Wald pada Land Cruiser ini adalah memensiunkan knalpot standar dan diganti dengan exhaust system aftermarket dua moncong yang terbuat dari stainless steel. Kalau sudah begini, mata akan sulit berpaling untuk tak menyaksikan kegagahan Land Cruiser racikan Wald ini. [dp/TGH]