Honda Scoopy, Si Retro yang Perkasa di Puncak Penjualan


JAKARTA (DP) – Honda Scoopy menjadi fenomena sepeda motor Indonesia saat ini.  Skuter bergaya retro ini begitu kokoh di puncak penjualan industri roda dua Tanah Air.

Disisi ini, Scoopy hanya kalah oleh Honda BeAT yang hingga kini terus mendapat predikat ‘raja’ skutik di Indonesia. Nah, Scoopy berada di peringkat keduanya dan bertahan sejak lama.

Fenomenanya adalah menengok perbandingan dengan para saingannya. Yamaha Fino misalnya, penjualannya tak sehebat Scoopy.

Fino hanya mampu terjual sekitar 10.000an unit motor per bulannya. Sementara Scoopy bisa menembus angka antara 60.000 hingga 70.000an unit per bulannya.

Apalagi jika dibandingkan dengan Suzuki Lets yang hanya bertahan sebentar saja di pasar sepeda motor Indonesia. Padahal 7 tahun lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) agak ragu memunculkan motor ini, meski di Thailand keberadaannya lebih dulu ketimbang para pesaingnya.

Malah Yamaha Fino yang hadir lebih dulu di Indonesia. Alasannya, motor bergaya retro kurang mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Kini dengan tampilan yang semakin retro, Scoopy malah makin laris. Terakhir, model ini mengubah sebagian besar tampilannya termasuk ban dengan ukuran 12 inci, yang menjadi ciri khas skuter klasik di dunia. Tak pelak, Scoopy bagaikan tak tergurus oleh zaman.

Kelebihan Scoopy ini menurut Senior Manager Product Management Departmen AHM, Harsanindhitya Bagus dikarenakan kuatnya tampilan klasiknya yang sekaligus juga fashionable.

Baca juga:  Ekspor Motor CBU Honda Melonjak Signifikan

Model seperti ini banyak disukai kalangan muda. “Menunggangi skuter ini bisa menunjukkan identitas dan gaya hidup sang pemiliknya,” jelas Harsanindhitya.

Selain tampilan unik dan fashionable, tentunya Scoopy juga hadir dengan sejumlah fitur modern. Seperti Charger HP consol untuk menambah daya perangkat gadget.

Ada pula Anti theft alarm alias alarm anti maling, yang mampu meminimalisir pencurian sepeda motor. Lalu di bagian mukanya menempel lampu LED projector. Sementara itu, luas bagasinya oke banget yakni 15,4 liter.

Jangan lupa, faktor irit bahan bakar berkat mesin 110cc ikut menunjang larisnya Scoopy. Terakhir, harganya lebih kompetitif, yakni Rp18 jutaan. Tak heran, Honda Scoopy terus menjadi fenomena! [dp/ARH]