Mengenal Saroléa Manx7, Motor Listrik Si Jago Balap


BRUSSELS (DP) – Ketika mendengar nama Saroléa, Anda pasti sulit menebak ini merek produk apa. Padahal ini adalah merek sepeda motor asal Belgia yang berkiprah sejak 1890-an.

Salah satu merek sepeda motor tertua di daratan Eropa ini mulai diproduksi pada era 1890-an, dan perusahaannya sendiri dibentuk pada 1850-an sebagai pembuat persenjataan.

Memasuki abad ke-20, Saroléa menjadi perusahaan Belgia pertama yang ikut meramaikan pasar sepeda motor dunia.

Selama 60 sejak kali pertama memproduksi sepeda motor, Saroléa membuat beragam tipe sepeda motor dan beberapa di antaranya adalah motor balap, yang bahkan pernah memenangi kejuaraan F.I.M European Motocross Championship.

Nama Saroléa sempat menghilang dari percaturan dunia pada awal 1960-an setelah merger dengan perusahaan lain. Sejak itu mesin-mesin racikan Saroléa yang terkenal di dunia balap motor Eropa mulai meredup auranya.

Kemudian pada 2010, dua bersaudara kembar asal Belgia, Torsten dan Bjorn Robbens, membeli hak untuk penggunaan nama Saroléa’s. Setelah itu, di bawah komando keduanya, Saroléa mulai mengembangkan motor balap berperforma tinggi dengan teknologi listrik.

Baca juga:  Cabut dari China, Suzuki Fokus ke Pasar India

Motor balap listrik pertama Saroléa adalah SP7, yang tampil perdana di ajang Isle of Man TT 2014. Ditunggangi Robert Wilson, motor listrik berbobot ringan yang melaju dengan kecepatan rata-rata sekitar 150 km/jam itu mampu merebut posisi ke-4, sebuah prestasi yang lumayan.

Dan sekarang, setelah melalui beberapa tahun untuk pengujian, proses rekayasa teknologi dan bahkan terjun ke ajang balap, Saroléa merilis motor balap listrik SP7 versi jalan raya, yang diberi nama Manx7.

Secara tampilan, Manx7 berdesain sederhana tak banyak lekukan namun unik. Kesan jadul terlihat pada desain tudung lampu utamanya yang mirip motor balap era 1960-an. Namun, meski terlihat seperti motor lawas, Manx7 sudah mengadopsi teknologi kekinian, terutama motor penggeraknya yang bertenaga listrik. [dp/TGH]