Cara GIIAS Bikin ‘Melek’ Pengunjung Soal Teknologi


JAKARTA (DP) – Perhelatan tahunan industri otomotif Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 memang diklaim sebagai ajang unjuk teknologi terkini dari setiap peserta pameran.

Mengusung tema ‘Beyond Mobility’, Gaikindo coba menelaah secara dalam berbagai teknologi mesin canggih pada mobil-mobil yang telah beredar saat ini. Salah satunya adalah teknologi cylinder deactivation.

Teknologi merupakan sebuah sistem yang memungkinkan mesin hanya mengoperasikan dua dari empat silinder yang tersedia atau menonaktifkan silinder apabila kendaraan tidak memerlukan tenaga besar dalam perjalanan.

Namun apabila mobil memerlukan tenaga yang besar, maka mesin akan mengoperasikan keempat silinder yang ada. Pengaplikasian teknologi ini lazim terdapat pada mobil-mobil bermesin V6 dan V8.

Dengan disematkan peranti tersebut diklaim membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat 10 – 20%, dibandingkan teknologi konvensional tanpa mengorbankan performa mesin.

Untuk melihat langsung teknologi tersebut, Anda bisa mengunjungi area Beyond Mobility sepanjang pameran yang berlangsung pada 2-12 Agustus, di ICE-BSD City, Tangerang.

Baca juga:  All New Ertiga Tebar Promo Jelang AFF Suzuki Cup 2018

Tema besar ‘Beyond Mobility’ mengisyaratkan sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia.

Selain teknologi cylinder deactivation, pengunjung juga bisa menemukan ragam teknologi otomotif terkini, mencakup teknologi keamanan, performa, dan kenyamanan, demikian keterangan tertulis penyelenggara GIIAS 2018. [dp/MTH]