New Terra, Pertaruhan Akhir Nissan di Kelas SUV Medium

Nissan brings new Terra SUV to South East Asia

JAKARTA (DP) – Perhelatan GIIAS 2018 menjadi tempat kedua bagi Nissan untuk memperkenalkan penantang ‘sejati’ dari Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Nissan Terra. Bagi Nissan, Indonesia merupakan pasar kedua setelah Filipina yang meluncurkan SUV medium ini di kawasan Asia Tenggara.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/7) lalu, Indonesia menjadi salah satu dari lima pasar utama yang memasarkan mobil ini segera setelah diluncurkan.

“New Terra merupakan komitmen kami kepada Indonesia. SUV ini dibangun dengan pengalaman Nissan lebih dari 60 tahun membuat SUV, dan akan dilengkapi dengan rangkaian teknologi cerdas Nissan Intelligent Mobility,” ujar Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia.

“Jajaran produk yang kuat di Indonesia adalah bagian penting dari rencana bisnis jangka menengah kami, dan Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Nissan,” tutur Koito lebih lanjut.

Terra dibekali mesin diesel tipe YD25 yang mengeluarkan tenaga 190 hp yang menjadi tertinggi di kelasnya, dengan torsi 450Nm pada putaran 2.000 rpm. Selain itu, SUV ini juga disusupi teknologi terkini.

Baca juga:  DAM Gelar Sarasehan SMK TBSM Astra Honda se-Jawa Barat

Inovasi teknologi ini disebut Nissan Intelligent Mobility, meliputi Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection.

Nissan Terra adalah SUV pertama dengan Smart Rear View Mirror, yang memberikan pandangan tak terhalang bagi pengemudi melalui kamera yang dipasang di belakang.

Untuk mendukung teknologi keselamatan, kendaraan ini dilengkapi dengan peningkatan kontrol, berupa 4WD-DIFF lock system dan Hill Start Assist. Hill Descent Control membantu mengendalikan kecepatan saat berkendara di kondisi jalan menurun.

Kendaraan ini ideal untuk kawasan Asia Tenggara karena memiliki ground clearance setinggi 225 milimeter, untuk mengurangi risiko kerusakan dari jalanan berbatu atau tidak rata, maupun ketika berkendara saat banjir.

Lalu, bagaimana soal banderolnya? Disadur dari laman Kompas.com, New Terra bakal dilepas ke pasar Indonesia kelak direntang harga Rp 450 juta hingga Rp 600 jutaan OTR Jakarta. Diperkirakan tiga pilihan model akan ditawarkan.

Baca juga:  Nissan Perkuat Jaringan di Pulau Andalas

Melihat perkiraan harga di atas, Terra benar-benar akan langsung berhadapan dengan duo rival Pajero Sport dan Fortuner. Pajero dibanderol mulai Rp 474 jutaan sampai Rp 667 jutaan, sedangkan Fortuner dibanderol mulai Rp 468 jutaan sampai Rp 660 jutaan.

Menempati booth di Hall 9A Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, selama berlangsungnya pameran (2-12/8), Nissan juga bakal memamerkan lini produk lainnya. Selain itu, unit test drive Nissan juga disediakan.

Sebagai bagian dari rangkaian perkenalan New Terra, anjungan Nissan juga menyediakan area khusus untuk mengenang ‘SUV legendaris’. Beragam aktivitas juga tersedia untuk memberikan pengalaman penuh bagi pengunjung.

Ada juga dinding interaktif, yang memperlihatkan teknologi cerdas Nissan Intelligent Mobility pada New Nissan Terra. Nissan Intelligent Mobility merupakan visi Nissan, di mana mengubah cara mobil dibuat, dikendarai, dan terhubung dengan masyarakat. [dp/MTH]