Melihat Pertahanan 2 Yamaha Vixion Kembar


Jakarta (DP) – Persaingan sepeda motor sport di kelas 150cc sangat dinamis. Di kelas inilah, motor sport terbaik hadir dengan penjualan terbesar. Pada masa awalnya, sekitar 10an tahun silam, Yamaha berjaya dengan Vixion hingga menjadi raja motor sport Tanah Air.

Pasar pun berkembang manis di kelas ini hingga menghadirkan sejumlah pesaing Vixion dengan tampang tak kalah mentereng. Dari Yamaha sendiri meluncur Byson, hingga terakhir Xabre. Sementara Honda memborbardir pasar dengan beragam pilihan. Sebut saja, MegaPro, lalu CB150R Streetfire, hingga Verza 150, yang belakangan berganti nama menjadi CB150 Verza.

Sementara di kelas yang sama di segmen sport fairing, motor-motor bagus pun tampil tak kalah hebatnya. Antara lain, Honda CBR150R serta Yamaha R15. Harga yang tergolong lebih tinggi dari segmen naked, membuat penjualan motor ber-fairing kalah kencang dibanding saudaranya di segmen naked bike.

Vixion sang jagoan lama pun terdesak. Tiga tahun belakangan, penjualannya tak dominan lagi. Sejumlah saingan sukses menyalip penjualannya. Meski begitu, nama Vixion masih mashur di mata penyuka motor sport naked di Indonesia.

Lahirnya Vixion Kembar

Yamah tak ingin nama Vixion tenggelam. Cara terbaiknya, tentu menampilkan sosok Vixion dengan lebih gagah lagi. Menyambut usia 1 dekadenya, pada September 2017 Yamaha meluncurkan dua model Vixion. Meski bentuknya mirip, ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Baca juga:  UD Trucks Gelar Kompetisi Extra Mile Challenge Ketiga

V-Ixion R menggunakan mesin 155 cc dengan teknologi VVA, yang sama seperti Yamaha R15 baru, NMAX atau AEROX 155. Mesin V-Ixion R juga dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Sementara All New Vixion tidak. Kadang Vixion R disebut sebagai R15 versi naked.

Beda lainnya adalah, V-Ixion R memiliki tapak ban belakang yang lebih lebar (130/70-17M/C 62P) serta ditunjang desain pelek yang lebih sporty. Bentuk mufflernya juga berbeda dengan All New Vixion, ukuran lebih pendek sesuai posisinya yang lebih sporty.

Warna Baru Tahun 2018

Tahun 2018, Yamaha kembali memperkokoh tampilan dua Vixion dengan meluncurkan varian warna untuk line up produk All New Vixion R dan All New Vixion yang resmi diluncurkan pada pekan kedua bulan Agustus 2018. Warnanya meliputi Matte Red, Matte Blue dan Matte Grey untuk All New Vixion R.

Sedangkan untuk sang legenda All New Vixion hadir dengan warna Metallic Black, Metallic Yellow serta Red Black. Tidak hanya varian warna, desain stripping pada motor jenis naked bike ini pun turut mendapat sentuhan perubahan.

Baca juga:  Bisa Jajal Lexi Juga di Posko Mudik Motor Yamaha

Pada All New Vixion R, stripping baru dibuat lebih tajam menyerupai huruf “R” yang terletak pada kedua sisi body, kemudian dipadukan dengan warna Matte yang tidak terlalu mencolok guna memberikan kesan sporty serta elegan.

Bagian Aluminum Rear Arm turut mengalami perombakan. Jika pada generasi sebelumnya mengadopsi warna hitam, kini All New Vixion R memiliki Aluminum Rear Arm berwarna silver yang terlihat lebih besar dan kokoh.

Sedangkan untuk All New Vixion, desain stripping menjadi semakin sporty dan tersebar di seluruh body motor termasuk pada bagian air shroud yang sebelumnya tidak dapat ditemui pada generasi terdahulu.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2007 silam, Yamaha Vixion terus dikembangkan. Penambahan beragam fitur moderen dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan para pecinta naked sport 150cc di Indonesia. Semoga aneka tampilan terbaru ini membuat kokoh pertahanan sang legenda ini! [dp/ARH]

Baca juga:  Rossi dan Vinales Senang Jika Lorenzo Geber Yamaha Lagi

Harga Yamaha Vixion

  • All New Vixion: Rp.26,500,000
  • All New Vixion R: Rp.29,500,000
  • All New Vixion Movistar: Rp.27,200,000