Mulai 18 Agustus, Truk-truk Golongan Ini Dilarang Lewati JORR | dapurpacu.id

Mulai 18 Agustus, Truk-truk Golongan Ini Dilarang Lewati JORR


JAKARTA (DP) – Tinggal hitungan hari perhelatan akbar olahraga se-Asia, Asian Games 2018, yang berlangsung di Jakarta dan Palembang akan segera dimulai. Sejumlah rekayasa lalu lintas termasuk diantaranya pembatasan kendaraan pengangkut barang atau truk yang melintas di jalan bakal segera dilaksanakan.

Wilayah Jakarta dan Bekasi menjadi fokus utama, dengan dimulainya Asian Games 2018 pada 18 Agustus, kendaraan pengangkut barang atau truk yang melalui jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) bakal dibatasi.

Pembatasan tersebut berlaku mulai pukul 06.00 – 19.00 WIB di ruas tol Cawang – Tomang – Pluit, Tomang – Kembangan, Pluit – Tanjung Priok, Cawang – Tanjung Priok, Cawang – TMII, dan Cawang – Cikunir.

Sebelumnya, pembatasan waktu untuk truk ini diatur mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB. Adapun pengaturan pembatasan waktu operasional kendaraan tersebut khusus mobil atau truk barang Golongan III, IV serta Golongan V. Sedangkan pembatasan waktu ini akan berakhir pada 2 September nanti.

Guna menyukseskan penerapan rekayasa lalu lintas ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi akan bekerja sama dengan Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan, serta Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

Pengurangan tersebut sebagai pertimbangan efektivitas arus pengiriman logistik. Selain itu, para pengusaha truk meminta agar pembatasan tidak dilakukan selama 15 jam karena produktivitas mereka dianggap dapat terganggu.

Pembatasan bagi truk untuk melintas di tol dalam kota merupakan salah satu dari tiga paket kebijakan lalu lintas saat perhelatan Asian Games.

Adapun dua paket kebijakan lainnya adalah manajemen rekayasa lalu lintas yang mencakup perluasan sistem ganjil genap serta buka tutup jalan tol, serta penyediaan angkutan umum.

Tujuannya untuk mengurangi volume kendaraan roda empat di jalan arteri selama Asian Games berlangsung. [dp/MTH]