Nama Mirip Sate, Tapi Porsche Taycan Ngebut Tanpa Asap


ZUFFENHAUSEN (DP) – Jika Porsche Macan memang mengadopsi nama dari Indonesia, satu lagi model kendaraan Porsche yang namanya berbau Indonesia, yakni Taycan, yang mirip nama sate taican.

Jika Anda pernah melintasi kawasan Senayan, Jakarta, tepatnya di Jalan Asia Afrika, di sana akan ditemui jejeran pedagang sate taican yang menjajakan dagangan di atas trotoar pada malam hari. Tapi selama gelaran Asian Games 2018, kuliner sate ayam itu dipindahkan ke lokasi lain untuk sementara waktu.

Kini kita kembali ke nama model kendaraan anyar Porsche yang mirip nama menu makanan tersebut. Meski belum diluncurkan secara resmi, Porsche sudah membuka pesanan untuk mobil listrik pertama dari pabrikan mobil yang bermarkas di Zuffenhausen, Jerman, itu. Bahkan Porsche membuat kampanye untuk promosi Taycan sebagai program prioritas mereka.

Untuk saat ini, Porsche membuka pre-order untuk sedan mewah anyar itu untuk konsumen di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Sama seperti yang diterapkan Tesla, calon pembeli yang melakukan pra-pemesanan juga harus menempatkan deposit uang sebagai jaminan bahwa mereka serius untuk meminang mobil tersebut.

Baca juga:  Pameran Otomotif Bakal Mati? Simak Penilaian VW dan Toyota

Bahkan Porsche Inggris sudah mulai menguak beberapa detail spesifikasi Taycan, terutama untuk performanya. Menurut Porsche, seperti dilansir Motor1, Taycan sanggup sprint dari 0-100km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik. Tak seperti sate taican yang ngebul saat dipanggang, Porsche Taycan tak mengeluarkan asap atau emisi karbon saat ngebut karena bertenaga listrik.

Performa galak Taycan mungkin setara dengan mobil-mobil performa tinggi yang mengadopsi mesin konvensional, semacam Dodge Charger SRT Hellcat, Mercedes-Benz E63 AMG atau BMW F90 M5.

Tapi bisa saja Taycan bisa lebih galak performanya, karena Porsche tampaknya lebih serius menggarap proyek mobil listrik pertamanya ini. Ini juga menjadi taruhan bagi reputasi Porsche terutama di mata konsumen Amerika yang pernah dikecewakan oleh skandal manipulasi data emisi mesin diesel yang dilakukan Volkswagen, yang juga mencakup mobil diesel Porsche.

Dari sisi dimensi, Taycan sepertinya akan diposisikan di antara Porsche Panamera dan Porsche 911. Dengan begitu, Taycan akan menjadi rival langsung dari Tesla Model S.

Baca juga:  Porsche Jadi Pabrikan Jerman Pertama 'Matikan' Mesin Diesel

Taycan mengusung dua unit motor listrik permanently excited synchronous electric motors (PSM), yang menghasilkan tenaga gabungan 600 horsepower (400KW). Sementara dengan waktu akselerasi 3,5 detik, kecepatan puncaknya dibatasi secara elektronik di angka 250km/jam, dan daya jelajahnya sejauh 500 kilometer untuk sekali pengisian baterai. [dp/TGH]