Trending Topic, Ini Motor yang Dibuat Ngebut Presiden Menuju GBK-Senayan


JAKARTA (DP) – Pembukaan Asian Games di GBK-Senayan, Jakarta, Sabtu malam (18/8) mendapat acungan jempol. Selebrasi yang menawan sukses mengundang decak kagum untuk tuan rumah Indonesia. Di antara kemegahan pembukaan itu, muncul tayangan Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi menunggangi sepeda motor sport Yamaha FZ1 menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Di Video itu, dari Istana Bogor rombongan Presiden menembus Senayan, Presiden terjebak macet hingga harus berganti kendaraan dengan sepeda motor. Tunggangan Paspamres yang mengawalnya menjadi pilihan. Dan, Jokowi pun beraksi bak jagoan stuntman menembus jalan berliku menuju GBK. 

Tayangan lima menit yang dipertontonkan sebelum Presiden tiba di ruangan VIP Stadion GBK dengan ending kemunculannya di hadapan penonton langsung mengundang beragam komentar hingga menjadi trending topic di media sosial.

Vidio spesial ini sengaja dibuat sebagai salah satu kemeriahan pembukaan Asian Games Jakarta-Pelembang 2018. Pemeran pengganti Jokowi diketahui adalah seorang freestyle asal Thailand bernama Saddum. Sementara sepeda motornya adalah Yamaha FZ1.

Baca juga:  FIFGroup dan Polri Tetapkan 'No Hoax' Saat Bukber Bersama Anak Yatim Piatu

Yamaha FZ1 adalah salah satu moge sport yang dipakai oleh unit pengawalan bermotor Paspampres. Sang motor yang mulai diproduksi sejak tahun 2006, sudah didatangkan sejak era Presiden SBY dan sempat tampil unjuk aksi di beberapa kegiatan kenegaraan. 

Sosoknya tergolong asing di jalanan Indonesia karena belum dijual resmi di Indonesia, namun didatangkan spesial secara utuh (CBU) alias impor dari negeri asalanya. Dari situs Yamaha Global harga motor yang beraura street fighter ini adalah 10.290 dolar Amerika alias sekitar Rp 136 juta.

Moge sport bergaya naked ini sangat bisa diandalkan dalam pergerakan pasukan di jalan raya berkat kehandalan tampang dan powernya yang dibekali mesin 4-silinder berkubikasi 998cc DOHC dengan sistem injeksi. Mesin ini menghasilkan power maksimal hingga 150 tk dengan torsi 106 Nm, yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Bagian bodi motor ini nampak berotot dengan kaki-kaki yang kokoh beserta suspensi upside down plus cakram ganda dengan kaliper radial pada ban depannya yang bertapak lebar. 

Dengan warna hitam legamnya, sosok motor ini terlihat gagah sekaligus mengumbar keseraman tersendiri. Tak heran jika “aksi” Presiden Jokowi membelah kemacetan serta jalan jalan sempit di Jakarta menuai kekaguman. [dp/ARH]

Baca juga:  Investasi di Kendaraan Klasik, Menguntungkan Tidak Ya?

Spesifikasi Yamaha FZ-1 Fazer