Pingin Buka Bisnis Logistik, Pakai Mobil Ini Lebih Asyik


LOS ANGELES (DP) – Makin meningkatnya bisnis e-commerce di berbagai belahan dunia, ikut mendongkrak bisnis logistik atau pengantaran barang. Imbasnya, permintaan untuk mobil jenis van juga melonjak.

Tapi untuk negara maju seperti Amerika Serikat, bisnis pengantaran barang sudah ada yang mengandalkan mobil otonom alias tanpa sopir. Hal itu berkat infrastruktur negeri itu yang sudah sangat mendukung untuk beroperasinya mobil otonom, meski operasionalnya tidak sampai ke seluruh pelosok Amerika, melainkan masih terbatas di kawasan perkotaan yang sudah memiliki infrastruktur mendukung.

Itu tergambar dari jalinan bisnis antara perusahaan retail raksasa Kroger dengan perusahaan rintisan yang membuat mobil self-driving (otonom) bernama Nuro.

Mulai 16 Agustus lalu, kedua perusahaan itu memperkenalkan armada kendaraan otonom berukuran kompak yang dapat mengantarkan barang kepada konsumen. Caranya juga mudah, yakni cukup dengan menekan tombol pada kendaraan untuk menentukan lokasi pengantaran dan kendaraan mungil itu pun melaju ke tempat tujuan tanpa dikemudikan orang.

Baca juga:  Ada Toyota Prius Berwajah 'Seram' Garapan TRD

Program percontohan itu baru beroperasi di area Scottsdale, Arizona, dan konsumen dapat memilih waktu pengantaran barang pesanan mereka, yakni untuk hari yang sama atau keesokan harinya. Untuk biaya pengantaran dipatok sebesar $5,95 atau sekitar Rp86.000, dan mobil otonom Nuro akan segera mengantar pesanan tepat di depan pintu rumah konsumen. Setelah itu, konsumen akan memilih kode tertentu untuk membuka pintu mobil dan mengambil barang pesanan.

Meski Nuro dan Kroger tengah menggarap mobil pengantaran imut yang memiliki dua kompartemen yang dapat menampung sekitar enam kantong barang, tapi proyek percontohan yang sudah dijalankan ini masih menggunakan Toyota Prius yang dirancang sedemikian rupa pada kompartemennya.

“Untuk model Prius memiliki software dan hardware yang sama dengan yang akan dibenamkan pada model R1 custom, sehingga ketika kami sudah menyelesaikan sertifikasi dan pengujian akhir dari R1, Prius akan mulai mengantarkan barang dan membantu kami meningkatkan layanan dan pengalaman pelanggan kami,” kata juru bicara Nuro kepada Tech Crunch.

Kedua perusahaan itu melihat program percontohan ini sebagai cara untuk mempercepat pengembangan kendaraan otonom.

Baca juga:  Wuihh...VW Camper Punya Toilet, Shower dan Tempat Tidur

“Kami bangga untuk memberikan kontribusi dan mengubah visi bisnis perdagangan di era modern menjadi kenyataan, serta menyajikan layanan yang bisa mudah diakses warga Scottsdale,” ucap CEO Nuro, Dave Ferguson.

“Tujuan kami dengan proyek ini adalah menghemat waktu masyarakat, seraya mengoperasikan kendaraan dengan aman dan belajar bagaimana untuk terus meningkatkan layanan.” [dp/TGH]