Sam Lowes Kembali Membalap Bersama Federal Oil Gresini Moto2


JAKARTA (DP) – Kenangan indah tahun 2016 antara pebalap Sam Lowes dengan Federal Oil bakal terulang kembali. Kolaborasi bersama keduanya dalam tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) menuai hasil memuaskan di akhir musim. Musim itu, Lowes sukses menempati posisi lima di klasemen akhir dengan 175 poin.

Tahun 2016, Federal Oil menggaet Sam Lowes yang merupakan salah satu jagoan di kelas Moto2 setelah tahun sebelumnya bersama tim Speed-Up, mengakhiri musim di posisi ke-4. Saat itu, Federal Oil membutuhkan pembalap dengan kualifikasi baik yang mampu mengakhiri balapan di posisi lima besar.

Pada akhirnya, impian Federal Oil Gresini Moto2 ini tercapai bersama Sam Lowes, posisi ke-5 di akhir musim sebagai pencapaian terbaik tim asal Indonesia ini sejak tampil di ajang MotoGP tahun 2008. Sayang, di akhir musim, Lowes tergoda untuk tampil di MotoGP. Pinangan Aprilia membawanya naik kelas utama.

Baca juga:  Kejutan! Jagoan KTM Brad Binder Juara Moto2 Jerman

Berada di kelas para bintang di MotoGP bagaikan neraka bagi pebalap berkebangsaan Inggris ini. Prestasi Lowes tenggelam. Bersama Aprilia Racing Team Gresini, dia menutup musim di posisi ke-25 dengan hanya mengumpulkan 5 poin saja dari total 18 balapan. Terpuruk!

Aprilia terpaksa memutus kontrak Lowes meski durasinya masih setahun lagi. Meski begitu, dengan berlapang dada pebalap 27 tahun yang pernah menyapa penggemarnya di Indonesia ini, turun kasta, kembali ke kelas Moto2 bersama tim KTM (Swiss Innovative Investors Team). Namanya di klasemen sementara pembalap Moto2 2018 bertengger di posisi 12 dengan 46 poin.

Dan kini kenangan manis tahun 2016 tersebut bakal terulang kembali. Federal Oil Gresini Moto2 mencapai kesepakatan dengan Sam Lowes untuk reuni dan mengarungi musim balap Moto2 tahun 2019 bersama sama.

Keduanya bertekad mengulang kejayaan masa silam tersebut. Kala itu sebanyak 6 podium (dua diantaranya sebagai pemenang) dan lima pole position dihasilkan Lowes dan tim, sebuah prestasi tertinggi tim sampai saat ini. Pastinya, pada tahun 2019 nanti, kolaborasi antara Federal Oil dan Gresini racing yang berjalan selama delapan tahun berturut-turut ini mengincar prestasi yang lebih tinggi lagi.

Baca juga:  Duo Italia Borong Podium di Moto2 Jerez Spanyol  

Patrick Adhiatmadja, CEO PT Federal Karyatama mengaku sangat senang memiliki Sam Lowes kembali sebagai pebalap mereka. “Bersama-sama dengan dukungan tim Gresini Racing yang luar biasa, Sam sangat potensial untuk menjadi pesaing yang kuat untuk berada di kuartil teratas. Dan itu akan positif untuk Federal Oil karena penggemar kami ingin melihat merek yang di bawa oleh Sam di Podium lagi,” ujarnya.

Sam Lowes sendiri tak kalah senangnya bisa membalap lagi beersama Gresini Racing dan Federal Oil. “Kami memiliki kenangan indah bersama dan pekerjaan yang belum selesai. Saya telah belajar banyak dari beberapa musim terakhir dan sekarang saatnya untuk menunjukkannya. Saya tahu tingkatan kualitas tim ini dan memiliki keyakinan 100 % pada mereka. Motivasi saya setinggi yang pernah ada dan berharap untuk menikmati kemitraan baru yang sukses dengan Gresini Racing dan Federal Oil,” tuturnya. Kita tunggu kiprahnya! [dp/ARH]

Baca juga:  Binder Juara Moto2 Aragon, Bagnaia Kokoh di Puncak Klasemen