BYD Siap Banjiri Jalan Raya Thailand dengan Mobil Listrik


BANGKOK (DP) – Ketika Indonesia masih mencari rumusan yang pas terkait penerapan program mobil ramah lingkungan, termasuk mobil listrik, Thailand sudah melangkah lebih maju untuk mulai mengizinkan mobil tanpa emisi melaju di jalan raya.

Hal itu tergambar dari pabrikan mobil China, BYD Co., yang telah memenangi kontrak dari Departemen Perhubungan Darat Thailand untuk memasok lebih dari 1.100 unit sedan kompak listrik bernama e6 ke Negeri Gajah Putih itu.

Bagi BYD, ini merupakan pesanan terbesar untuk kendaraan berteknologi listrik dari luar China.

Untuk pesanan tahap pertama mencakup 101 unit e6, yang telah dikirimkan ke Bangkok pekan lalu. Sedan listrik itu akan digunakan sebagai armada taksi di ibukota Thailand tersebut.

Sedan BYD e6 yang ditenagai dengan baterai lithium iron phosphate itu memiliki daya jelajah sejauh 400 kilometer untuk sekali pengisian baterai, yang membutuhkan waktu pengisian selama dua jam.

Baca juga:  Inilah Bengkel Para Lulusan SMK Binaan Honda

Pada 2012 silam, BYD telah mengapalkan kendaraan listrik ke sejumlah perusahaan Thailand, yang meliputi sedan e6 dan bus listrik K9.

BYD, yang bermarkas di kota Shenzhen, tercatat di bursa saham Hong Kong dan Shanghai. Perusahaan ini sebagian sahamnya dikuasai oleh miliuner asal Amerika Serikat, Warren Buffett, dan menjadi produsen mobil listrik terbesar di Negeri Kungfu itu.

Selama periode tujuh bulan pertama 2018, BYD berhasil memasarkan 261.812 unit kendaraan secara global, termasuk 93.677 unit mobil berteknologi listrik murni dan plug-in hybrid.

BYD telah mengekspor kendaraan listrik, mayoritas bus listrik, ke lebih dari 50 negara di dunia. Perusahaan ini juga mempercepat pembangunan sejumlah pabrik mobil listrik di luar China.

Selain memiliki pabrik perakitan bus listrik di Amerika Serikat, Skotlandia dan Brasil, BYD juga tengah membangun pabrik bus listrik di Hungaria, Perancis dan Ekuador. BYD juga tengah menyiapkan pembangunan pabrik kendaraan listrik di Maroko tahun depan. [dp/TGH]