Rayu Pembeli Muda, Great Wall Andalkan Mobil Listrik Bernama Ora


BEIJING (DP) – Produsen pick-up terbesar China, Great Wall Motor Co., akan mulai memasarkan mobil listrik pertamanya dengan nama Ora. Peluncuran model anyar ini akan dilakukan di Chengdu auto show pada 31 Agustus mendatang.

Brand Ora pertama kali diperkenalkan di ajang Beijing auto show pada April lalu, dengan menyasar konsumen muda di sejumlah kota besar di Negeri Tirai Bambu. Jajaran mobil listrik Ora ini akan ditawarkan dengan harga di bawah 100.000 yuan (Rp213 jutaan), kata Great Wall dalam keterangan tertulisnya medio pekan ini.

Model pertama Great Wall berteknologi listrik adalah Ora iQ, yang berwujud crossover. Model ini dilengkapi baterai jenis lithium ion yang dipasok produsen baterai asal Amerika Serikat, Farasis Energy, sedangkan motor listrik dipesan dari BorgWarner Inc. Untuk sekali pengisian baterai secara penuh, Ora iQ mampu melaju sejauh 360 kilometer.

Baca juga:  Pertamina Optimalisasi Layanan SPBU di Tol Trans Jawa

Rencananya, Great Wall akan meluncurkan empat model kendaraan listrik dengan merek Ora hingga 2020. Untuk model Ora berikutnya berupa mobil kompak bernama R1, yang ditargetkan masuk pasar pada Januari 2019.

Great Wall mengatakan pihaknya akan membuka beberapa dealer Ora di 72 kota di China sebelum tutup tahun 2018.

Saat ini, mayoritas kendaraan yang diproduksi Great Wall adalah SUV, crossover dan pickup. Untuk sekarang ini, Great Wall baru memiliki dua model kendaraan listrik yang berbasis mobil konvensional, yakni mobil kompak C30 dan SUV plug-in hybrid bernama P8.

Seiring persiapan Pemerintah China menetapkan program kredit karbon untuk mendorong pabrikan mobil menghasilkan produk kendaraan berbahan bakar energi alternatif, Great Wall menyambut rencana itu dengan meningkatkan produksi mobil listrik guna memenuhi regulasi pemerintah.

Pada Juli lalu, Great Wall meneken perjanjian kerjasama dengan BMW Group untuk membangun perusahaan patungan senilai sekitar Rp10,8 triliun untuk memproduksi mobil listrik di Kota Zhangjiagang. Produk pertama dari kemitraan itu dijadwalkan meluncur pada 2021 mendatang.

Baca juga:  Toyota Vitara dan Baleno Meluncur Kuartal II-2019

Great Wall, yang bermarkas di Baoding, mencatatkan sahamnya di bursa Hong Kong dan Shanghai. Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, Great Wall melego 525.849 unit kendaraan, turun 0,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. [dp/TGH]