Ferrari Bikin Buku, Harganya Setara Toyota Innova Venturer


TURIN (DP) – Sepertinya apapun yang berbau nama Ferrari pasti dihargai selangit. Lihat saja mobilnya yang dihargai mulai dari sekitar Rp2,9 miliar hingga Rp4,3 miliar. Itu pun harga untuk pasar Amerika, kalau diboyong ke Tanah Air pasti akan melambung lagi.

Nah, baru saja pabrikan mobil berlogo kuda jingkrak ini merilis buku baru edisi terbatas, yang ditawarkan sekitar $30.000 (Rp438 jutaan). Harga segitu bisa untuk membeli Toyota Innova Venturer. Entah, apakah mereka yang berminat akan mendapatkan ilmu atau informasi teramat penting dari buku tersebut sehingga rela harus merogoh kocek cukup dalam?

Buku yang diterbitkan oleh perusahaan penerbit Jerman, Taschen, ini baru tersedia di pasaran pada Oktober mendatang. Buku “Ferrari” edisi terbatas ini memiliki 514 halaman, dan diharapkan segera terserap oleh para kolektor. Menurut Ferrari, buku tersebut hanya tersedia sebanyak 250 eksemplar.

Baca juga:  Aura Positif Mitsubishi Xpander Menjalar Hingga ke Pelosok

Buku berbalut kulit warna merah dengan jahitan tangan itu memiliki tempat (case) eksklusif berbahan aluminium, yang terinspirasi penutup mesin Ferrari V-12 yang berkelir merah Testarossa. Case tersebut ditopang dudukan berlapis krom yang mirip dengan pipa saluran gas buang mobil balap vintage Ferrari 12 silinder. Dudukan itu dirancang oleh Marc Newson, seorang desainer industri.

Buku tersebut diisi ratusan foto dan gambar-gambar vintage serta dokumen dari sejarah Ferrari. Masing-masing foto itu ditandatangani oleh Piero Lardi Ferrari, yang merupakan vice chairman Ferrari.

Tapi bagi yang tak ingin membeli buku sepaket dengan kotak dan dudukannya itu, Taschen juga merilis 1.697 edisi kolektor seharga $6.000 (Rp87,6 jutaan).

Tapi buku “Ferrari” ini bukanlah buku yang termahal yang dirilis pabrikan asal Italia itu. Pada 2011, Ferrari merilis buku bertaburkan berlian berisi 852 halaman yang merupakan edisi Enzo Diamante berjudul “The Official Ferrari Opus.” Dilengkapi logo kuda jingkrak dengan tatahan 30 berlian, buku itu dijual seharga $275.000 Rp4,01 miliar). Buku itu menceritakan tentang kisah dan sejarah logo kuda jingkrak, dipadukan dengan lebih dari 1.000 foto. [dp/TGH]