Perkenalkan Vespa Elettrica, Skuter Listrik ‘Berotak’ Pintar


MILAN (DP) – Seiring semakin ramainya pabrikan sepeda motor terjun ke segmen motor listrik, merek skuter legendaris asal Italia, Vespa, juga siap unjuk pesona melalui Vespa Elettrica.

Kabar paling menggembirakan dari Piaggio adalah bahwa Vespa Elettrica akan siap dikirimkan ke konsumen tahun ini. Tapi untuk jadwal pasti peluncurannya belum mau diungkap.

Menurut Piaggio, produksi Vespa Elettrica akan dimulai bulan depan, dan Vespa akan membuka penjualan online bagi konsumen di Eropan pada Oktober. Sedangkan konsumen di Amerika Serikat dan Asia baru bisa memboyong Vespa listrik ini mulai awal 2019.

Lagi-lagi, tak banyak informasi yang terungkap mengenai Vespa listrik ini, termasuk kisaran harganya. Hanya saja disebutkan bahwa Vespa Elettrica akan diposisikan di segmen model high-end. Mungkin Anda bisa membayangkan sendiri harganya.

Vespa Elettrica diklaim memiliki daya jelajah maksimum sejauh 100 km (62 mil). Dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk mengisi ulang baterainya. Baterai ini memiliki daya tahan hingga 1.000 kali pengisian ulang (atau sekitar 10 tahun), dan setelah itu performanya akan turun menjadi sekitar 80 persen.

Baca juga:  Toyota Indonesia 'Bekali' Siswa SMKN I Purworejo Agar Siap Bekerja

Untuk kecepatan puncaknya juga belum diumumkan, tapi bila mengendarai dalam mode Eco, kecepatan dibatasi hingga 30 km/jam untuk menghemat baterai.

Karena berteknologi listrik, Vespa Elettrica tentunya hening saat dikendarai. Hebatnya lagi, skuter ini dilengkapi sejumlah fitur kecerdasan buatan (AI), seperti pendeteksi pejalan kaki dan kendaraan yang berada di dekat Elettrica, dan juga dapat mengarahkan pengendara untuk memilih jalur alternatif bila lalu lintas macet atau kondisi jalan tak bisa dilalui.

Selain Elettrica, Piaggio juga berencana merilis Elettrica X hybrid, yang memiliki daya jelajah maksimum 200 km. Untuk versi hybrid akan memiliki baterai berukuran lebih kecil ketimbang Elettrica standar, dengan jarak tempuh mencapai 50 km. Skuter hybrid ini juga dilengkapi sebuah generator, yang akan berperan mengalirkan listrik bila daya baterai sudah lemah, atau jika pengendara memindahkan modenya secara manual, sehingga Elettrica X masih bisa dipakai sebagai skuter listrik untuk perjalanan jarak pendek. [dp/TGH]