Honda Jepang Mulai Pasarkan CR-V Teranyar, Usai Absen Dua Tahun


TOKYO (DP) – Nampaknya Honda Motor Co., Ltd. mulai ‘gerah’ dengan performa medium SUV andalannya CR-V, setelah publik mulai menatap kendaraan masa depan berbasiskan ramah lingkungan. Generasi kelima dengan tampilan terkini pun meluncur di Jepang pada 30 Agustus lalu.

Kehadirannya pun menjadi pelepas dahaga publik Jepang, usai hilang selama dua tahun di ‘tanah kelahirannya’ sendiri. Istimewanya, tak hanya mesin bensin yang dilepas, juga ditawarkan mesin hybrid.

Mesin hybrid menjadi yang pertama dicangkokkan pada All-new CR-V di Jepang. HMC telah menjadwalkan untuk mesin bensin mulai dipasarkan akhir Agustus lalu, sementara tipe mesin hybrid telah dijual 1 September lalu.

Tanpa menyepelekan mesin ‘standar’ bensin berkapasitas 1.5-liter DOHC VTEC yang didukung teknologi turbo, patut kiranya arahkan pandangan mata Anda pada CR-V bermesin hybrid.

Mesin Sport Hybrid i-MMD dengan penggerak 4WD yang dipercayakan sebagai dapurpacunya, menggunakan sistem inovatif dengan penggerak dua motor. Dibekali juga transmisi Electric CVT plus Deceleration Selector.

Baca juga:  Layanan Purna Jual Jadi Penyanggah Bisnis Auto2000

Tiga mode berkendara tersedia yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive, yang dapat dioperasikan sesuai kebutuhan dan kondisi jalan. Hasilnya, tingkat keiritan bahan bakar diklaim mampu mencapai 25,8 km/l.

Sedangkan untuk varian mesin bensin, lontaran torsinya diklaim setara dengan mesin 2.4-liter milik Honda. Mengusung platform yang sama dengan Civic terbaru, beragam penyempurnaan pun dilakukan.

Begitu pula dengan struktur bodinya yang diklaim ringan, lebih rigid, dengan titik gravitasi lebih rendah untuk menciptakan handling lebih sporty, namun stabil saat di kecepatan tinggi.

Sebagai padanannya, ada transmisi otomatis CVT plus paddle shift. Seluruh varian mesin bensin juga berkonfigurasi tempat duduk tiga baris sehingga dapat memuat tujuh penumpang.

Dibanding CR-V sebelumnya, ketinggian ground clearance telah ditingkatkan 40 mm dan jarak wheelbase juga meningkat. Sebagai tambahan, sebuah roda berdiameter 18 inci dengan fender depan dan belakang yang lebih tinggi membuat tampilan lebih dinamis layaknya SUV.

Baca juga:  Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate, Khusus Bagi Penggila Musik

Kelebihan CR-V terbaru pada kabin terpampang jelas berkat susunan kursi yang serbaguna untuk 7 penumpang, meski secara dimesin sama dengan versi 5 penumpang. Ruang bagasi pun menawarkan kelegaan untuk memboyong barang bawaan.

Kursi baris belakang kini semakin nyaman dengan leg room yang bertambah 50 mm dibanding model sebelumnya, serta menambahkan busa pada dudukan dan bagian penyangga punggung. Selain itu, dengan melipat kursi belakang serata lantai, tercipta ruang bagasi yang makin luas.

Fitur keamana Honda Sensing kini menjadi peranti standar untuk semua varian. Teknologi ini mampu mencegah benturan depan dengan memberikan peringatan kepada pengendara menggunakan milimeter-wave radar dan monocular camera untuk menilai situasi jalan, serta dilengkapi teknologi braking/steering control.

Ada pula fitur Hands-Free Access Power Tailgate khusus di EX Masterpiece dan Hybrid EX Masterpiece. Teknologi ini juga dapat menyimpan data mengenai ketinggian bukaan tailgate yang diinginkan oleh pengendara.

Baca juga:  Penakluk Serena Williams Ini Didapuk Sebagai Brand Ambassador Nissan

All-new CR-V dijual di Jepang dengan empat tipe yaitu EX, EX Masterpiece, Hybrid EX, dan Hybrid EX Masterpiece, dengan rentang harga mulai 3.230.280 yen – 4.361.040 yen (Rp 429,28 – 579,56 juta).

Enam warna pilihan eksterior ditawarkan, meliputi Premium White Pearl, Luna Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Ruse Black Metallic, Midnight Blue Beam Metallic dan Premium Crystal Red Metallic. [dp/MTH]