Toyota Motor Manufacturing Rayakan Pencapaian Ekspor 1 Juta Unit


JAKARTA (DP) – Tak hanya menjadi penyumbang terbesar dalam pemasaran produk otomotif di Tanah Air, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) juga memiliki kiprah menakjubkan untuk urusan mengirim produk ke luar negeri alias ekspor.

Untuk menandai pencapaian kegiatan ekspor yang telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun itu, TMMIN menggelar seremoni yang berlokasi di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta.

“Secara kumulatif, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota telah mencapai angka lebih dari 1 juta unit sejak kegiatan pengapalan perdana. Angka ini sekaligus menjadi bukti keseriusan Toyota dalam memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan industri otomotif Indonesia terutama melalui kegiatan ekspor,” kata Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, pada acara ekspor CBU 1 juta unit di Jakarta, Rabu (5/9).

Warih mengatakan, sebuah kebanggaan untuk memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan ekspor.

“Capaian ini sebagai pemacu semangat untuk meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik,” papar dia.

Diharapkan dukungan ini semakin besar sehingga performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah eksis dapat ditingkatkan serta perluasan ke negara-negara tujuan baru dapat dilaksanakan.

Seremoni ekspor ini merupakan salah satu penanda realisasi komitmen yang telah disampaikan kepada Pemerintah Indonesia pada 2015 oleh President TMC Akio Toyoda kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Aichi, Jepang, yaitu dalam hal peningkatan investasi dan kegiatan ekspor.

Aktivitas ekspor Toyota, melalui produk-produk bermerek Toyota yang diproduksi di fasilitas manufaktur TMMIN dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai bagian dari grup Toyota di Indonesia, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam keseimbangan neraca perdagangan terutama dari sektor otomotif.

Turut hadir dalam acara yang bertajuk Realisasi 1 Juta Unit Ekspor CBU tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, jajaran pejabat kementerian dan Kabinet Kerja, Managing Officer Toyota Motor Corporation dan President of Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) Susumu Matsuda, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata, beserta jajaran manajemen Toyota Indonesia lainnya. [dp/TGH]