Premium Langka di Sumatera Barat (Hoax), Ini Kata Pertamina


PADANG (DP) – Lagi-lagi informasi palsu (hoax) beredar tentang langkanya peredaran bahan bakar Pertamina jenis Premium, khususnya di wilayah Pertamina Marketing Operation Region (MOR) 1.

Hal ini langsung dibantah oleh Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto, yang memastikan pasokan BBM di Sumatera Barat berjalan aman dan lancar.

Meski begitu, Rudi mengakui beberapa hari yang lalu ada sedikit lonjakan konsumsi BBM yang disebabkan oleh beredarnya informasi palsu (hoax) mengenai perubahan harga BBM, sebagian masyarakat melakukan panic buying.

“Untuk pasokan Premium di wilayah Sumbar pada umumnya saat ini tidak ada pengurangan, dengan rata-rata pasokan masih lebih dari 1.100 KL per hari. Artinya masih normal,” jelas Rudi.

Secara proporsi jumlah pasokan Premium di Sumatera Barat termasuk yang tertinggi dibandingkan provinsi lainnya se-Indonesia. Dengan komposisi lebih dari 64% gasoline yang dipasok untuk Sumatera Barat adalah Premium.

Baca juga:  Shell Indonesia Permudah Konsumen Fleet Beli BBM

“Kendaraan pribadi tentu sangat diharapkan untuk bisa menggunakan BBK sesuai dengan spesifikasinya, sehingga Premium dapat lebih fokus penggunaannya untuk kendaraan umum atau roda dua,” pungkas Rudi.

Sampai saat ini memang belum ada peraturan yang membatasi pembelian Premium di SPBU. Pertamina mengharapkan produk Premium dapat lebih tepat sasaran khususnya untuk kendaraan roda dua dan angkutan umum. [dp/MTH]