Ternyata Kia Punya Mobil Militer Setangguh Humvee | dapurpacu.id

Ternyata Kia Punya Mobil Militer Setangguh Humvee


SEOUL (DP) – Kia selama ini dikenal sebagai penghasil mobil berkualitas baik, desain menarik dengan harga lebih terjangkau ketimbang para rivalnya asal Jepang dan Eropa. Tapi yang lebih menarik, Kia ternyata punya produk baru untuk keperluan militer dengan desain dan kemampuan mirip Humvee.

Diberi nama Kia Light Tactical Vehicle, atau KLTV, mobil perang Kia ini banyak memiliki kemiripan dengan AM General Humvee, bukan hanya desainnya melainkan juga kemampuannya dalam mendukung pasukan militer.

Untuk KLTV yang beredar sekarang ini sebenarnya merupakan generasi ketiga, yang dibuat terutama untuk keperluan militer. Layaknya Humvee, KLTV dibangun menggunakan platform modular, yang memungkinkan untuk dibuat dalam beragam konfigurasi, baik untuk kendaraan angkut perangkat tempur, kendaraan angkut personel atau kendaraan khusus tempur yang dilengkapi persenjataan dan bodi anti peluru.

Tapi apapun konfigurasinya, KLTV tetap mengusung mesin turbodiesel bertenaga 225 horsepower dan torsi 369 lb-ft, yang disalurkan ke seluruh roda melalui transmisi matik 8 percepatan. KLTV141 yang memiliki spesifikasi tempur mampu menanjak dan menuruni tebing curam dan bahkan bisa menerjang sungai dengan kedalaman hingga sekitar 80 cm.

Pokoknya, apa yang bisa dilakukan Humvee, KLTV pun bisa melakukannya. Yang berbeda hanyalah lokasi produksinya. Jika Humvee dibuat di Indiana, Amerika Serikat, KLTV diproduksi di Korea Selatan.

Di segmen kendaraan dengan spesifikasi tempur ini sebenarnya bukan hanya milik Humvee atau KLTV, karena beberapa pabrikan lain juga memilikinya, seperti Iveco (Italia) yang memiliki Light Multirole Vehicle (LMV), URO (Spanyol) menawarkan VAMTAC, Tiuna (Venezuela) mengandalkan produk bernama UR-53AR50, dan GAZ memproduksi Tigr di Rusia.

Bahkan Lamborghini pernah masuk ke segmen kendaraan militer dengan LM002, dan Toyota juga pernah memiliki produk bernama Mega Cruiser. [dp/TGH]