Toyota Cetak Penjualan Mobil Hybrid ke-2 Juta di Eropa


WARSAWA (DP) – Toyota mencatat pencapaian penjualan mobil hybrid ke-2 juta di Eropa, dan unit ke-2 juta yang terjual adalah crossover C-HR Hybrid di Warsawa, Polandia. Penjualan mobil berteknologi hybrid Toyota di Benua Biru sebanyak 2 juta unit itu tercapai 18 tahun setelah debut model Prius, yang notabene adalah mobil hybrid pertama yang masuk pasar Eropa.

Pertumbuhan penjualan hybrid semakin pesat dalam beberapa tahun terakhir di tengah upaya Toyota mencangkokkan teknologi ramah lingkungan itu pada sebagian besar model kendaraan yang dijajakan. Di saat yang sama, konsumen semakin percaya dengan keunggulan yang ditawarkan mesin hybrid yang menawarkan efisiensi bahan bakar lebih baik dibandingkan mesin bensin dan diesel.

Pada 2011, kendaraan hybrid menyumbang 10 persen terhadap penjualan tahunan mobil baru Toyota di Eropa. Pangsa pasar mobil hybrid Toyota kini menanjak ke angka 47 persen pada 2018. Dari situ tergambar bahwa hampir satu dari setiap dua mobil Toyota yang terjual di Eropa adalah hybrid.

Untuk jajaran model hybrid yang dirilis Toyota grup mulai dari Yaris Hybrid hingga Lexus LC 500h. Pada 2019 , pilihan model kendaraan Toyota dan Lexus bermesin hybrid akan semakin banyak, yang mencakup model all-new Toyota Corolla, RAV4 dan Camry, kemudian Lexus UX dan ES.

Independent research1 menyebutkan bahwa teknologi hybrid milik Toyota saat ini bisa dikendarai dengan emisi karbon nol persen (zero emissions), model listrik murni untuk beroperasi di kawasan perkotaan yang tak membutuhkan performa tinggi sehingga tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar fosil. Pemilik mobil hybrid tak perlu mengisi ulang baterai karena sistem hybrid secara otomatis mengisi daya baterai ketika mobil berjalan, saat mobil melambat dan ketika mengerem.

Matthew Harrison, Vice President Toyota Sales and Marketing Toyota Motor Europe, mengatakan bahwa bukan kejutan jika mobil hybrid ke-2 juta yang terjual di Eropa adalah Toyota C-HR, karena model ini sekarang tampil sebagai mobil hybrid terlaris Toyota di kawasan Benua Biru. Pemilik yang beruntung mendapatkan mobil hybrid ke-2 juta itu adalah seorang perempuan dari Warsawa, Polandia.

Sejak Prius melakukan debut di Jepang pada 1997, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 12 juta mobil hybrid di seluruh dunia. Toyota sekarang menjual 34 model hybrid berbeda di lebih dari 90 negara dan kawasan di seantero jagat. [dp/TGH]