Ups...Bikin Z4 dan Supra, Insinyur Toyota-BMW Tak Saling Bicara Sejak 2014 | dapurpacu.id

Ups…Bikin Z4 dan Supra, Insinyur Toyota-BMW Tak Saling Bicara Sejak 2014


MUNICH (DP) – Kita tahu bahwa BMW dan Toyota sudah sekitar empat tahun lalu mengembangkan mobil sport Z4 dan Supra bersama-sama. Anda pasti mengira insinyur kedua pabrikan itu selalu intens saling berkomunikasi.

Tetapi fakta menyebutkan hal sebaliknya. Meski bersama-sama mengembangkan dua model mobil sport yang menggunakan platform dan sejumlah komponen yang sama, tapi para insinyur BMW dan Toyota yang terlibat dalam proyek All-new Z4 dan All-new Supra terakhir kali saling berkomunikasi sekitar empat tahun lalu.

Informasi itu dikutip CNET dari Assistant Chief Engineer Toyota Supra, Masayuki Kai, setelah menguji prototipe Supra di Madrid, Spanyol, belum lama ini.

“Kami sepakat soal sejumlah aspek dalam pengembangan Supra, seperti posisi pengemudi, wheelbase, lebar kendaraan, posisi tangki bahan bakar, posisi pilar A, dan semua itu dilakukan sekitar pertengahan 2014,” kata Kai.

“Setelah itu kami berpisah dan membentuk tim masing-masing. Jadi kami tak lagi menjalin komunikasi dengan mereka.”

Baca juga:  Busi NGK Hadirkan Produk 'Ramah' di Kantong Untuk Mobil Bermesin NR

Memang benar, keputusan untuk bersama-sama mengembangkan new Z4 dan Supra diambil pada 2012, sehingga sampai dengan 2014, para insinyur dari kedua pabrikan mobil itu sering bertemu dan membahas segala hal.

Tapi setelah itu, tim menjalankan misi masing-masing dan fokus pada pengembangan produk miliknya. Karena ketiadaan komunikasi seperti itu, Kai mengaku dirinya tidak tahu seberapa banyak komponen yang dipakai bersama oleh Z4 dan Supra. Ia hanya tahu kedua model kendaraan itu menggunakan platform yang sama.

“Pada dasarnya, platform untuk kedua model ini sama, sehingga kami berasumsi kami menggunakan komponen yang sama. Tapi seperti yang saya sebutkan tadi, kami tak yakin mereka memakai komponen yang sama dengan kami,” sebut Kai.

Tapi sebenarnya, putusnya komunikasi antara tim insinyur kedua pabrikan itu kabar bagus buat para penggemar BMW dan Toyota. Pasalnya, mereka semakin yakin dengan dinamika pengemudian masing-masing model. Tentu saja para fans BMW sudah hafal dengan karakter Z4, begitu juga dengan penggila Supra yang tak perlu penyesuaian lagi untuk menggeber mobil sport berpenggerak roda belakang itu.

Baca juga:  Inikah Tampang Toyota Yaris Facelift?

BMW new Z4 rencananya akan diperkenalkan pada gelaran Paris Motor Show bulan depan, sedangkan Toyota Supra dijadwalkan meluncur awal tahun depan. [dp/TGH]