Porsche Jadi Pabrikan Jerman Pertama 'Matikan' Mesin Diesel | dapurpacu.id

Porsche Jadi Pabrikan Jerman Pertama ‘Matikan’ Mesin Diesel


INGOLSTADT (DP) – Di bawah payung Volkswagen, Porsche menjadi merek pertama yang akan menghentikan pembuatan dan penjualan mobil bermesin diesel. Bahkan Porsche menjadi merek Jerman pertama yang mematikan diesel seiring kian ketatnya standar emisi karbon di banyak negara.

“Takan akan ada lagi mobil bermesin diesel dari Porsche di masa mendatang,” kata CEO Porsche, Oliver Blume, kepada Bild am Sonntag, akhir pekan lalu.

“Kami tidak pernah mengembangkan dan membangun mesin diesel sendiri. Tapi meski begitu, citra baik Porsche ikut tercoreng. Krisis diesel telah menyebabkan kami terkena banyak masalah,” ucapnya mengacu pada skandal mesin diesel yang melibatkan para petinggi Volkswagen beberapa tahun lalu.

Menurut catatan Bild am Sonntag, Porsche telah menjual mobil bermesin diesel selama hampir sedasawarsa.

Blume mengatakan ke depan, Porsche ingin fokus pada produk yang bagus dalam hal emosional, mobil bermesin bensin dan hybrid yang bertenaga dan mulai 2019, produk Porsche juga termasuk mobil listrik murni.

Baca juga:  BMW Astra Gratiskan Biaya Layanan Perawatan BMW dan MINI

Meski sudah memutuskan untuk tidak lagi menjual mobil mesin diesel, mobil Porsche yang meminum solar tetap akan dilayani untuk servis dan perbaikannya, sebut Blume.

Sebelumnya, BMW juga mengumumkan untuk tidak lagi menjual mobil bermesin diesel di Amerika Serikat mulai akhir 2018 akibat mulai lesunya penjualan mobil diesel di sana.

Kepada Motor Authority, BMW mengatakan bahwa seluruh model bermesin diesel akan dihentikan penjualannya di AS dan sebagai gantinya raksasa otomotif Jerman itu akan fokus pada mobil berteknologi plug-in hybrid (PHEV).

“Kami akan lebih fokus pada kendaraan PHEV. Terkait varian BMW X5 diesel, kami belum memutuskan apakah model tersebut masih akan diboyong ke AS atau tidak,” kata juru bicara BMW, Alexander Schmuck. [dp/TGH]