Perluas Mobilitas Hidrogen, Toyota Gandeng Perusahaan Kereta


TOKYO (DP) – Toyota Motor Corporation (Toyota) menjalin kesepakatan kerjasama dengan perusahaan kereta Jepang, East Japan Railway Company (JR East), untuk memperluas mobilitas berbasis teknologi fuel cell hidrogen.

Kemitraan antara perusahaan otomotif dengan perusahaan kereta sebagai langkah untuk membantu mewujudkan masyarakat rendah emisi karbon dan berkelanjutan di tengah upaya melakukan diversifikasi energi dan menghadapi pemanasan global.

Perjanjian kerjasama itu didasarkan pada keinginan Toyota dan JR East untuk ‘menyatukan’ kereta dengan mobil, memadukan sumberdaya pengelolaand an mempercepat perubahan ke arah masyarakat rendah karbon melalui beragam gagasan untuk memanfaatkan hidrogen.

Perlu diketahui, Toyota telah mengembangkan kendaraan penumpang dan bus fuel cell electric (FCEV dan FC bus) yang menggunakan teknologi fuel cell dan juga mendukung pembangunan infrastruktur pemasok hidrogen, termasuk stasiun pengisian hidrogen. JR East sendiri memiliki teknologi, pengetahuan dan sumberdaya manajemen terkait dengan bisnis kereta dan pembangunan stasiun.

Baca juga:  All New Toyota Corolla Altis Hybrid Meluncur 12/9, Anda Mau Beli?

Kedua perusahaan ini berharap dapat menggabungkan kekuatan masing-masing dan terlibat dalam serangkaian diskusi terkait dengan pemakaian hidrogen, yang mencakup pembangunan stasiun pengisian hidrogen di lahan milik JR East, memperkenalkan FCEV dan FC bus untuk transportasi lokal dan menerapkan teknologi FC pada gerbong kereta.

Toyota dan JR East juga ingin memastikan kerjasama di bidang lain di antara kedua perusahaan, yang juga melibatkan para pemangku kepentingan lain untuk memperluas penggunaan bahan bakar hidrogen. [dp/TGH]