Marquez Juara Dunia MotoGP 2018


MOTEGI (DP) – Marc Marquez memastikan gelar juara dunia MotoGP kelima kalinya setelah menjuarai Grand Prix Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (21/10).

Berbekal keunggulan 77 poin dari pebalap Ducati Andrea Dovizioso, tambahan 25 poin dari kemenangan di Motegi ini tak memungkinkan lagi raihan poin Marquez terkejar oleh Dovizioso. Sialnya, Dovizioso finish terakhir di Motegi setelah jatuh dua lap sebelum finish.

Bagi Marquez, gelar juara MotoGP musim ini menambah gelar juara dunia selama kariernya menjadi tujuh, setelah sebelumnya juga merengkuh gelar di kelas Moto2 dan Moto3.

Kecelakaan yang dialami Dovizioso semakin menambah kelam nasib Ducati menyusul absennya Jorge Lorenzo dalam dua seri terakhir akibat cedera.

Padahal Dovizioso tampil menjanjikan dengan start di posisi terdepan, sementara Marquez start dari posisi keenam. Tapi ketangguhan Marquez kembali terbukti di Motegi, karena ia langsung melakukan tekanan terhadap Dovizioso. Pertarungan sengit keduanya terjadi di beberapa lap dan Marquez mampu mengasapi rival beratnya itu.

Baca juga:  Yuk Tengok Museum Sepakbola FIFA di Moskow

Seri di Jepang ini juga diwarnai oleh sukses dua pabrikan Negeri Sakura, yakni Honda dan Suzuki. Di podium dua diisi oleh jagoan LCR Honda, Cal Crutchlow, dan Alex Rins dari Suzuki di podium ketiga.

Sementara itu, andalan tim Yamaha, Valentino Rossi, finish di posisi keempat. Pebalap gaek ini terlihat kesulitan mengejar tiga pebalap terdepan.

Namun hasil itu sudah cukup bagi Rossi jika melihat hasil buruk sepanjang musim ini. [dp/TGH]