Tak Cuma di Jepang, Suzuki Inggris Juga Kebanjiran Order Jimny


LONDON (DP) – Kehadiran mini off-roader Suzuki Jimny menjadi berkah tersendiri bagi pabrikan mobil Jepang berlogo ‘S’ itu. Hal itu tercermin dari terus berdatangannya konsumen untuk memesan SUV imut tersebut.

Di negeri sendiri, permintaan terhadap All New Jimny semakin meningkat sehingga sejumlah dealer kewalahan untuk menutupi permintaan itu. Karena sama-sama mengadopsi setir kanan, Suzuki Inggris mengimpor langsung Jimny dari Jepang.

Namun demikian, tingginya animo publik Negeri Sakura terhadap Jimny, tak pelak alokasi untuk pasar ekspor juga disesuaikan. Imbasnya tentu akan membuat daftar inden di sejumlah negara yang mendapatkan pasokan Jimny dari Jepang semakin panjang.

Di Negeri Ratu Elizabeth, Jimny generasi anyar ini telah memiliki daftar inden sebanyak 4.500 orang, yaitu mereka yang telah melakukan ‘sign up’ dan menyatakan ‘tertarik’ untuk membeli Jimny melalui situs resmi Suzuki Inggris. Berdasarkan catatan Autocar, angka itu merepresentasikan kenaikan 150 persen dibandingkan volume penjualan tahunan terbaik Jimny pada tahun sebelumnya.

Baca juga:  Cara AHM Bentuk Karakter Aman Berkendara Para Milenial

Yang pasti, Suzuki Inggris senang dengan membludaknya permintaan untuk Jimny. Tapi di sisi lain, mereka juga bingung karena harus merayu konsumen yang sudah rela inden untuk bersabar guna mendapatkan unit kendaraan yang mereka impikan.

Bos Suzuki Inggris, Dale Wyatt, mengatakan bahwa distribusi kendaraan ke konsumen akan terbatas. Ia mengestimasi sekitar 1.100 unit Jimny akan dikirimkan ke konsumen pada tahun pertama, kemudian diikuti 2.000 unit per tahun pada tahun berikutnya.

New Suzuki Jimny masih mempertahankan DNA yang dimiliki model lawas, yakni tangguh, fungsional dan bandel. Hal itu berkat pemakaian sasis rangka ladder, yang dipadukan dengan poros roda kokoh dan low-range transfer case. Dengan racikan seperti ini, New Jimny diyakini dapat menjadi salah satu off-roader tangguh dalam melibas medan ekstrem.

Konsumen di Eropa akan ditawarkan satu pilihan mesin, yakni mesin bensin 1.5 liter 4 silinder bertenaga 100hp dan torsi 95.8lb-ft (130Nm). Girboks manual 5 percepatan menjadi peranti standar, sedangkan transmisi matik 4 percepatan menjadi fitur opsional. [dp/TGH]