Pedrosa Jadi Test Rider di Red Bull KTM

Dani Pedrosa resmi bermukim di Red Bull KTM sebagai test rider selama dua tahun.

AUSTRIA (DP) – Dani Pedrosa tidak sepenuh ‘pensiun dini’ dari ajang jet darat roda dua tersebut. Usai mengumumkan pengunduran dirinya dari perhelatan akbar MotoGP pada Agustus lalu, pebalap tim Repsol Honda Team ini memutuskan untuk berlabuh di kubu Red Bull KTM Factory Racing.

Pria bernama lengkap Daniel Pedrosa Ramal ini bakal menjadi test rider pada pabrikan asal Austria tersebut selama dua tahun (2019-2020), menemani Mika Kallio untuk mengembangkan performa KTM RC16.

Menurut Pit Beirer, Motorsports Director KTM Group, keterlibatan Pedrosa sebagai penguji tunggangan dari Pol Espargaro dan Bradley Smith sepanjang dua musim mendatang merupakan langkah yang tepat, mengingat pengalamannya yang cukup panjang di MotoGP.

“Kami telah bergerak ke arah yang benar dengan merekrut pebalap seperti Dani. Kami telah menyaksikan begitu kompetitifnya di lapangan di tahun kedua ini banyak memberikan progres sekaligus pelajaran yang berharga bagi tim kedepannya,” ucap Pit.

Baca juga:  Gerry Salim Bakal Tampil di GP Moto3 Mugello

“Kami berharap masukan dari dia dan Kallio demi kemajuan tim sekaligus mempersempit gap hasil pada musim mendatang. Kami makin optimis segala kemungkinan akan terjadi di tahun ketiga keikutsertaan KTM di MotoGP,” tambahnya.

Berbekal tiga gelar juara dunia di kelas 125 cc (2003) dan kelas 250 cc (2004-2005) bersama Telefonica Movistar Honda, serta 110 podium yang berhasil diraihnya di MotoGP, diyakini membawa kemajuan pesat bagi Red Bull KTM Factory Racing di dua musim nanti.

Selain itu, tambahan ide dari pebalap berusia 33 tahun ini tentunya mampu memudahkan pekerjaan Kallio, yang telah menjadi bagian dari program MotoGP sejak awal.

Pedrosa secara efektif memutuskan karirnya bersama Repsol Honda Team setelah 18 tahun berkarir. Debutnya pun bersama tim ini sejak 2006 silam. [dp/MTH]