Hino Indonesia Dukung Rencana Mobil Listrik

Kazushi Ehara menyerahkan 'Alat Ukur Kinerja Kendaraan Listrik' kepada Dr. Ir. Hendri D.S Budiono M.Eng selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

DEPOK (DP) – Para petinggi PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) bertatapan langsung dengan civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Di kedatangannya yang kedua kali ini dalam rangka serah terima ‘Alat Ukur Kinerja Kendaraan Listrik’.

Presiden Direktur HMMI, Kazushi Ehara mengatakan, di era modern seperti ini, mobilitas manusia menjadi semakin tinggi dengan berbagai moda transportasi yang dipergunakan. Terlebih transportasi untuk keperluan logistik barang dan jasa yang juga seiring meningkat.

Semua itu, lanjut Ehara, butuh sumber energi yang juga secara linier terus meningkat kebutuhannya, sedangkan ketersediaanya semakin terbatas, serta proses eksplorasinya semakin sulit dan mahal.

“Itulah kondisi saat sekarang yang sangat serius dihadapi oleh bangsa Indonesia, yang sepenuhnya masih mengandalkan ketergantungan pada sumber energi yang berasal dari fosil minyak bumi,” ujar Ehara, dalam siaran resminya, Kamis.

Menurut Ehara, Pemerintah Indonesia sangat serius dalam hal pengelolaan energi untuk kehidupan dimasa mendatang, melalui pemberlakukan beberapa peraturan perundang-undangan, seperti Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Baca juga:  Asyik...Masuk Tol Semarang Seksi A-B-C Cuma Sekali Bayar

Rencana pengembangan mobil listrik di Indonesia adalah salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan kapada bahan bakar yang berasal dari fosil minyak bumi.

“Sehingga dalam salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia melakukan kerja sama dengan Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia, dalam hal penelitian dan pengembangan mobil listrik, khususnya melalui alat ukur yang diserahterimakan,” pungkasnya.

Setelah melakukan serah terima kepada Dr. Ir. Hendri D.S Budiono M.Eng selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Ehara dan rombongan melakukan kunjungan kebeberapa fasilitas laboratorium Departemen Teknik Mesin. [dp/MTH]