Test Ride Yamaha New R25 Makin Pede Saat Berlari Kencang


JAKARTA (DP) – Usai menjajal Yamaha FreeGo, giliran motor sport fairing terbaru YZF-R25, yang pada pertengahan Oktober lalu diluncurkan. Lintasan Sirkuit Sentul pun dipilih sebagai area pengujian guna mengeksplorasi seluruh ubahannya, yang diklaim lebih bertenaga.

Tampilannya yang kini lebih sporty berkat pengadopsian DNA R-series, memang terlihat jelas dari fisiknya. Bagian depan telah dipasangkan M1 duck, mirip dengan motor VR46.

Tongkrongan ke 10 motor fairing berkapasitas mesin ‘murni’ 249,6 cc yang disediakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini memang nampak lebih garang ketimbang model sebelumnya.

Penyegaran pada ‘jubah’nya diklaim untuk memberikan aerodinamika yang makin sempurna. Waktu untuk menggeber pun tiba. Dengan tinggi jok ke tanah mencapai 780 mm, memang menciptakan tapak kaki yang sedikit jinjit, namun tidak untuk posisi duduk.

Tangan menggapai setang tanpa harus menundukkan badan, bahkan terlihat lurus pada bagian punggung. Usai beradaptasi sesaat, road captain pun memberikan aba-aba untuk memulai jalan.

Baca juga:  Gara-gara Komponen ini, Yamaha Indonesia Recall T-MAX

Alur lintas paddock ke trek lurus, menjadi adaptasi pertama saya di atas New R25. Saya merasakan lekuk tangki bagian atas sedikit berkurang, membuat perut agak lebih leluasa bergerak. Belum lagi jangkauan tangan yang tidak membuat tubuh menunduk.

Karakter mesin yang dilengkapi teknologi DOHC ini memang tidak berubah, tetap menyuguhkan performa ‘yahud’ sejak dari putaran bawah, walaupun masih harus dirunut putaran grip gas.

Ubahan di mesin DOHC ini pun dilakukan dengan hasil akhir perbandingan kompresi 11,6:1, daya maksimum 35 hp pada 12.000 rpm, dan torsi maksimum 23,6 Nm pada putaran 10.000 rpm.

Disusupkannya suspensi baru upside down turut berkontribusi handling yang mumpuni, baik saat melaju di trek lurus maupun kala di tikungan. Gerak suspensi depan terkesan selaras dengan keinginan setang.

Motor serasa lebih terkontrol, ditambah lagi desain fairing yang berubah, turut menyumbangkan efek aerodinamika yang membuat arus angin ke kolong menjadi sempurna. Selebihnya terkesan biasa.

Baca juga:  Ratusan Modifikasi Daihatsu Tampil Memukau

Namun, dua hal baru di luar mesin tersebut berimbas pada sektor pengendaraan yang lebih ideal dan tergolong mumpuni bagi pecinta kecepatan. ‘Pedenya’ di tikungan pun mengalir begitu masuk lintasan lurus.

Puntiran gas penuh dengan segera diikuti peningkatan rpm mesin langsung terjadi. Dengan bodi yang rigid, 100 km/jam setidaknya terlibas masih dengan rasa tenang, tapi masih lanjut.

Angka di spidometer berdesain digital terus meningkat hingga menyentuh kecepatan 155 km/jam. Padahal, plintiran gas terbilang masih ada jika terus dirunut, apa daya, nyali mulai terkuras seiring motor mulai memasuki tikungan di R1.

Meski hanya mendapatkan jatah empat lap, setidaknya eksperimen singkat ini bisa membuahkan kesimpulan menarik. Ubahan pada sektor aerodinamika yang tercantum pada desain fairing baru dan juga pengaplikasian suspensi upside down turut membuahkan handling yang mumpuni.

Kinerja mesin dua silinder 250 cc DOHC 8 katup memang tidak berubah karakternya, masih menyuguhkan aksi cepat begitu dibesut jika dibutuhkan.

Baca juga:  Blue Core Yamaha Motor Show Siap Hebohkan Warga Cilacap dan Palu

Namun, aksi ‘menari’ di lintasan tidak sepenuh bisa digunakan kala di jalan raya. Tentu banyak muka-muka memerah yang bakal menyapa Anda saat melakukan aksi gila itu.

Penutup, Yamaha New R25 tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Racing Blue, Matte Red dan Matte Black dengan banderol Rp 58,6 juta (Standar). Sedangkan untuk tipe Movistar Livery dilepas dengan harga Rp 58,950 juta. [dp/MTH]