Ini Fitur dan Mesin Toyota Corolla Sedan Anyar | dapurpacu.id

Ini Fitur dan Mesin Toyota Corolla Sedan Anyar


GUANGZHOU (DP) – Setelah resmi debut di Guangzhou International Auto Show 2018 pada Jumat ini (16/11), publik sudah mendapat jawaban atas rasa penasaran terhadap wujud utuh dari All-New Toyota Corolla Sedan. Tapi bagaimana dengan fitur-fiturnya?

Tak lama setelah dipertontonkan kepada undangan khusus dan awak media, detail dari Toyota Corolla Sedan model 2020 ini mulai terkuak. Apa saja?

Melongok ke dalam kabinnya, tak ada perbedaan jika dibandingkan antara Corolla sedan dengan versi hatchback dan wagon yang lebih dulu diluncurkan, karena memang secara desain dan fitur-fitur terkini, ketiga model Corolla ini sama, seperti sistem infotainment Entune 3.0 yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Amazon Alexa. Untuk Corolla Sedan varian bawah yang dipasarkan di AS akan dilengkapi layar sentuh 7 inci, sedangkan untuk varian atas dibekali layar 8 inci untuk sistem infotainment-nya.

Seperti model-model Corolla anyar lainnya, varian sedan ini juga menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Model ini memiliki dimensi panjang 4.640mm (182,7 inci.), lebar 1.780mm (70,1 inci.) dan tinggi 1.435mm (56,5 inci), sementara wheelbase sepanjang 2.700mm (106,3 inci).

Baca juga:  Mau Kredit All New Avanza dan Veloz ? Lihat Simulasinya

Dibandingkan mode lawas, wheelbase Corolla Sedan baru ini tak berubah, tapi bagian wajahnya lebih lebar untuk versi anyar (+0,47 inci) dan belakang (+0,87 inci). Selain itu, overhang depan lebih pendek 1,3 inci, dan overhang belakang lebih melar lebih dari setengah inci. Untuk tingginya berkurang 0,8 inci, dan kap mesin menjadi lebih rendah 1,4 inci, sehingga visibilitas lebih baik.

Toyota menjanjikan arsitektur baru yang diadopsi New Corolla ini, yang meliputi suspensi belakang multi-link ketimbang model lawas yang menggunakan torsion beam, dan suspensi depan MacPherson, memberikan pengendaraan lebih dinamis, lebih nyaman, lebih senyap dan lebih aman.

Bagaimana dengan dapur pacunya?

Sayang sekali tak banyak yang diumbar seputar dapur pacu untuk All-New Corolla Sedan saat diperkenalkan di China ini. Tapi Toyota membenarkan bahwa tersedia pilihan mesin 2.0-liter Dynamic Force Engine dan hybrid untuk negara dan kawasan tertentu.

Baca juga:  Mau Kredit All New Avanza dan Veloz ? Lihat Simulasinya

Sementara untuk pasar Amerika Utara akan tersedia tiga pilihan mesin, mulai dari mesin 1.8-liter inline-four bertenaga 139 horsepower yang dipadukan dengan continuously variable transmission. Kemudian untuk varian SE dan XSE akan mengusung mesin 2.0-liter 4 silinder bertenaga 169 hp dan torsi 151 lb-ft (210 Nm). Untuk model XSE ditawarkan hanya dengan sistem pemindah daya CVT, tapi model SE punya pilihan transmisi manual 6 percepatan dengan fitur electronic rev-match.

Varian hybrid disebutkan juga akan ditawarkan di AS, dengan detail spesifik baru akan diungkap pada gelaran LA Auto Show pada 28 November mendatang. [dp/TGH]