10 Hal Perlu Anda Tahu Tentang All-New Toyota Corolla Sedan | dapurpacu.id

10 Hal Perlu Anda Tahu Tentang All-New Toyota Corolla Sedan


JAKARTA (DP) – Toyota Corolla Sedan telah lahir versi barunya pekan ini, dengan debut di Guangzhou Auto Show dan juga di Amerika Serikat. Sebagai salah satu model legendaris dan paling populer di dunia, ada 10 hal yang perlu Anda ketahui mengenai Corolla generasi ke-12 ini.

1. Lebih stabil
Toyota tak banyak mengubah dimensi dari Corolla anyar ini, yakni wheelbase tetap di angka 106,3 inci. Tapi para insinyur Toyota memperlebar track untuk meningkatkan pengendalian. Untuk atap lebih rendah 0,8 inci ketimbang Corolla lawas. Kemudian overhang depan lebih pendek 1,3 inci dan titik bobot kendaraan kini lebih rendah 0,4 inci. Semua itu demi meningkatkan kestabilan dan pengendalian kendaraan.

2. Kompak tapi lega
Toyota Corolla 2020 memiliki atap lebih rendah dari model lama, tapi Toyota menjanjikan ruang kepala (head room) yang lebih dari cukup. Selain itu, posisi mengemudi kini lebih baik, sementara penumpang belakang juga lebih nyaman karena selain head room yang lapang, ruang kaki (leg room) juga cukup lega meski tempat duduk depan dimundurkan.

3. Lebih bertenaga
Toyota Corolla yang beredar sekarang mengusung mesin 1.8-liter I-4 dengan tenaga hanya 132 hp dan torsi 128 lb-ft, yang membuatnya sebagai sedan kompak paling lambat dan kurang tenaga di kelasnya. Tapi untuk Corolla anyar, mesin yang dipakai adalah 2.0-liter 4 silinder bertenaga 169 hp dan torsi 151 lb-ft. Untuk model sedan lebih kuat 1 hp dibandingkan versi hatchback yang mengusung mesin yang sama.

4. Ada varian hybrid
Meski belum terungkap detailnya, tapi Toyota menyatakan akan memperkenalkan versi hybrid untuk new Corolla. Dilihat dari sejarah hybrid Toyota, berharap Corolla Hybrid akan menjadi varian tercepat dan teririt.

5. Tongkrongan gagah dan gaya
Untuk Corolla model terbawah memang hanya dibekali velg kaleng 16 inci dengan dilengkapi penutup roda (di pasar AS). Tapi untuk varian di atasnya, tongkrongan Corolla lebih gagah dan gaya berkat velg 18 inci dengan desain menarik. Velg ini jadi peranti standar untuk varian SE dan XSE, sedangkan varian XLE menggunakan velg alloy 16 inci.

6. Transmisi CVT dan manual
Mayoritas model Corolla dibekali sistem pemindah daya continuously variable transmission (CVT), yang membuat perpindahan gigi lebih lembut. Tapi bagi yang suka performa dinamis, Toyota juga akan menawarkan varian yang menggunakan girboks manual 6 percepatan.

7. Kabin senyap
Toyota telah bekerja keras untuk memastikan Corolla memiliki kabin yang sesenyap mungkin. Caranya menggunakan sejumlah material penyerap suara untuk meminimalkan suara mesin dan suara gesekan ban masuk ke kabin. Selain itu juga menggunakan insulator lebih tebal dan sealer berkualitas lebih baik.

8. Kaya fitur canggih
Tak cuma 8 airbag, stability control, traction control, dan anti-lock brakes, Toyora Corolla 2020 juga dilengkapi sejumlah fitur canggih, termasuk automatic emergency braking dan lane departure alert.

9. Manjakan pengemudi
Toyota membekali adaptive cruise control with lane-centering steering assist sebagai fitur standar pada new Corolla. Secara teknis, ini adalah fitur keselamatan, tapi juga sekaligus memanjakan pengemudi, karena membuatnya lebih santai saat mengemudi di jalan bebas hambatan.

10. Cocok buat penggila gadget
Toyota new Corolla memiliki layar sentuh 7.0 inci (layar 8.0 inci opsional) yang merupakan sistem hiburan terkini. Sistem ini juga support Apple CarPlay, integrasi Amazon Alexa, juga memiliki multiple USB port dan juga ada in-car WiFi. Untuk varian lebih tinggi dibekali 9 speaker dan sistem audio 800-watt JBL.

Nah, meski spesifikasi yang disebutkan di atas untuk Toyota Corolla Sedan versi Amerika, tapi setidaknya itu akan menjadi gambaran untuk model yang akan dipasarkan di negara dan kawasan lain di dunia, termasuk Indonesia. [dp/TGH]