Mitsubishi Juga Siap Lengserkan Carlos Ghosn Sebagai Chairman


TOKYO (DP) – Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Senin (19/11), menyatakan akan menggelar rapat dewan direksi untuk mengusulkan pemecatan Carlos Ghosn dari posisi Chairman dan Representative
Director perusahaan.

Langkah itu menyikapi laporan media yang menyebutkan Ghosn telah ditahan Jaksa Penuntut Umum Distrik Tokyo karena dituduh melakukan pemalsuan laporan pendapatan kepada otoritas bursa Tokyo Stock Exchange.

Selain itu, MMC siap melakukan penyelidikan internal untuk mengetahui apakah Ghosn juga telah melakukan kecurangan seperti yang dilaporkan media selama bertugas di MMC.

Dalam pernyataan tertulisnya, MMC juga menyampaikan permintaan maaf atas kemungkinan timbulnya masalah akibat kejadian tersebut.

Sebelumnya, Nissan Motor mengumumkan bahwa mereka telah melengserkan Carlos Ghosn dari jabatannya sebagai chairman karena telah melakukan kesalahan besar dalam hal penggunaan keuangan.

Menurut laporan media Jepang, Ghosn juga telah ditangkap aparat Negeri Sakura karena dituduh melakukan kecurangan dalam pelaporan pendapatannya selama mimimpin Nissan.

Baca juga:  Gusur Carlos Ghosn, Mitsubishi Tunjuk Osamu Masuko Sebagai Chairman

Kejadian ini menjadi pukulan berat bagi Nissan, karena bagaimana pun juga Ghosn adalah sosok yang berjasa menyelamatkan pabrikan mobil itu yang nyaris bangkrut dengan suntikan dana dari Renault, sampai akhirnya membangun aliansi antara kedua perusahaan otomotif tersebut.

Nissan mengatakan kesalahan yang dilakukan Ghosn termasuk penggunaan keuangan perusahaan untuk kepentingan pribadi dan memberikan laporan pendapatan kepada otoritas Jepang yang lebih rendah dari yang seharusnya ia peroleh.

Lengsernya Ghosn, yang juga chairman dan chief executive Renault, dinilai sejumlah pengamat akan mempengaruhi masa depan aliansi Renault-Nissan, apalagi kini aliansi tersebut menambah satu anggota lagi, yakni Mitsubishi.

Menurut Nissan, pihaknya telah melakukan investigasi selama beberapa bulan menyusul laporan dari seorang whistleblower yang menyebutkan kesalahan yang dilakukan Ghosn dan Representative Director Greg Kelly.

“Investigasi itu menunjukkan bahwa selama bertahun-tahun Ghosn dan Kelly telah melaporkan kompensasi yang mereka terima kepada Tokyo Stock Exchange lebih rendah dari yang sebenarnya mereka peroleh. Hal ini untuk mengurangi jumlah kompensasi Carlos Ghosn yang sebenarnya kepada otoritas bursa,” kata Nissan dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga:  Ada Rival Nissan GT-R Versi Murah dari Daihatsu

“Selain itu, terkait dengan Ghosn, sejumlah kecurangan besar lain turut terungkap, seperti penggunaan aset perusahaan untuk kepentingan pribadi dan ada keterlibatan Kelly juga dalam kecurangan ini.”

Dewan direksi Nissan akan menggelar pertemuan pada Kamis (22/11) untuk memutuskan pemecatan Ghosn.

“Saya akan menggelar rapat untuk menyusun proposal guna melengserkan Ghosn dari posisi chairman dan menyetujuinya,” kata Presiden dan Chief Executive Officer Nissan Motor Co., Hiroto Saikawa, dalam konferensi pers.

Saikawa menyatakan dirinya telah diberitahu bahwa Ghosn dan Representative Director Nissan, Greg Kelly, telah ditangkap aparat keamanan Jepang. [dp/TGH]