Rossi: Performa Yamaha Tak Bisa Mengimbangi Pemakaian Ban Bekas


JEREZ (DP) – Sesi kedua tes pramusim MotoGP 2019 baru saja usai tepat pukul 00.00 WIB. Takaaki Nakagami keluar sebagai yang tercepat dengan 1 menit 37,945 detik. Meski mendapatkan hasil lebih baik dari sesi pertama, Valentino Rossi masih saja mengeluhkan performa YZR-M1.

The Doctor mengaku pengembangan yang diboyong pabrikan garpu tala saat tes Valencia dan Jerez, memunculkan anggapan bakal tidak tampil ciamiknya pada musim depan. YZR-M1 yang digeber Rossi juga sempat didera masalah mekanikal, memaksa sang pebalap tidak maksimal menjalani sesi uji coba.

“Dalam klasifikasi keseluruhan, saya sangat jauh di belakang karena terkendala masalah saat menggunakan ban baru. Pada akhirnya saya tidak meningkatkan catatan waktu,” tutur Rossi, seperti dikutip oleh Motorsport.

“Jika Anda berkonsentrasi pada kecepatan, itu adalah yang terpenting. (Tetapi) bagi saya, kami tidak terlalu kencang dan para pebalap papan atas lebih cepat dibanding kami.”

Baca juga:  Marquez Rebut Pole Position di Sachsenring

Menurutnya, pokok permasalahan yang dihadapi bukan karena tidak mampu memilih mesin mana yang tepat. Bahkan Rossi mengklaim bukan masalah perbaikan pada sektor itu yang dibutuhkan saat ini.

Ia menambahkan, Yamaha belum memperbaiki isu degradasi ban pada motor baru. YZR-M1 bahkan disebutnya lebih lambat ketimbang Ducati Desmosedici GP dan Suzuki GSX-RR kala menggunakan ban bekas.

“Kami kencang (dengan) ban baru. Maverick (Vinales) sangat cepat, juga Franco (Morbidelli). Setelah beberapa lap, Ducati dan Suzuki mampu melesat lebih baik,” lanjut pebalap kelahiran Urbino itu.

Dibalik itu, meski tim menghadapi situasi serupa seperti musim lalu, yakni kesulitan membangun paket motor kompetitif, namun Rossi meyakini masih terlalu dini timnya bakal mengulangi keterpurukan pada musim balap lalu.

Belum lepas dari ingatan bagaimana skuad Iwata mengakhiri 25 seri balap tanpa kemenangan. Hanya Vinales yang mampu meraih podium tertinggi pada MotoGP Australia di Phillip Island.

Baca juga:  IIMS 2018 Bisa Dongkrak Lagi Pangsa Pasar Astra

“Terlalu awal untuk mengatakannya. Kami tidak punya, seperti yang Anda katakan, hanya mesinnya. Sejumlah area yang sangat penting akan difokuskan agar dapat ditingkatkan,” pungkas The Doctor. [dp/MTH]