Ferrari SP3JC, Saatnya Desain Sensual Ala Italia Berbicara

Ferrari SP3JC, proyek one -off, mahakarya Maranello.

MARANELLO (DP) – Pabrikan mobil sport Italia, Ferrari berhasil merampungkan ‘one-off’ teranyarnya lewat model Ferrari SP3JC. Mendapat sentuhan dari Ferrari Styling Centre, unit ini telah diserahkan kepada pemiliknya yang juga seorang kolektor Ferrari.

Dalam keterangan resminya, Ferrari SP3JC merupakan roadster murni tanpa kompromi dan dirancang dengan perbekalan amunisi mesin F12tdf plus sasis yang ringan.

SP3JC diklaim sebagai ekspresi maksimal dari pengalaman berkendara dengan atap terbuka, yang mengingatkan kembali pada Ferrari spider bermesin V12 pada era 1950-an dan tahun 60-an.

Dalam proses perakitan yang memakan waktu lebih dari dua tahun, sang pemilik pun turut terlibat sehingga sosoknya sangat menonjolkan sisi personal pemilik

Tampilan berotot berkat lekukan dinamis di bagian samping bodi, dirancang untuk menekankan tata letak depan-mesin, penempatan lubang asupan udara di bagian depan, dan fasia belakang yang dramatis dengan garis horizontal agar terlihat lebih lebar.

Baca juga:  IIMS 2018 Bisa Dongkrak Lagi Pangsa Pasar Astra

Kecintaan sang pemilik pada seni Pop Art tercermin dalam grafiknya yang tegas, disertai kombinasi unik pada livery berwarna Azzurro Met (biru) dan Giallo Modena (kuning) di atas skema warna utama Bianco Italia (putih).

Atmosfer sporti juga diperkuat dengan detail khusus meliputi sisipan dua kaca pada kap mesin untuk memamerkan mesin V12 780cv, penghubung antara fairing dari gulungan serat karbon yang terintegrasi, serta tutup tangki bahan bakar dari brushed alumunium.

Jok dibalut kulit berkelir biru dengan sisipan warna putih. Lapisan kulit biru ini memanjang hingga ke dasbor bagian bawah dan dijahit dengan jahitan berwarna kontras di seluruh bagian trim interior. [dp/MTH]