Honda HR-V Kini Dibekali Mesin Turbo | dapurpacu.id

Honda HR-V Kini Dibekali Mesin Turbo


LONDON (DP) – Crossover andalan Honda yang laris di mana-mana, HR-V, mendapat sentuhan baru pada dapur pacunya, yang kini dibekali turbocharger.

Tapi sayang, varian turbo untuk HR-V sepertinya tidak untuk pasar di luar Eropa, termasuk Indonesia. Apalagi di luar Benua Biru, Honda baru saja merilis versi facelift pada model tersebut.

Untuk HR- V model Amerika memang baru mendapat pembaruan, tapi mesinnya tetap sama, yakni mesin 1.8 liter bertenaga sekitar 140 horsepower dengan torsi yang tak terlalu besar. Sementara untuk pasar Asia, HR-V ysng ditawarkan cuma bermesin 1.5 liter dan juga versi hybrid.

Kenapa Honda pilih kasih dengan mengutamakan konsumen Eropa dengan pilihan mesin turbo? Tak ada penjelasan resmi dari Honda soal ini, tapi bisa saja hal itu untuk mengakomodasi para fanatik hatchback performa tinggi yang menginginkan crossover yang lebih sporty.

Untuk mesin 1.5 VTEC Turbo bukan mesin anyar, karena juga digunakan beberapa model Honda lainnya, seperti Civic dan CR-V.

Baca juga:  Rayakan 25 Tahun CR-V, Honda Siap Pasarkan CR-V Hybrid

Berdasarkan data, HR-V Turbo bertenaga 182 HP (134 kW) pada 5.500 rpm untuk yang bertransmisi manual 6 percepatan dan 6.000 rpm untuk varian bertransmisi CVT. Sedangkan torsinya untuk versi manual adalah 240 Nm, sementara untuk CVT lebih kecil 20 Nm.

Dengan tenaga sebesar itu, HR-V menjadi salah crossover kompak dengan performa paling galak, karena mayoritas di kelas ini tenaga yang dimiliki sekitar 140-150 HP. Ada satu model bertenaga lebih galak dari HR-V Turbo, yaitu VW T-Roc, yang memiliki tenaga mesin di kisaran 190 HP.

Honda tak hanya mencangkokkan teknologi turbo pada HR-V di Eropa, tapi juga body kit yang membuat tampilan model ini lebih sporty, yang meliputi splitter depan, side skirt, wheel arch trim, dan bumper belakang anyar. Semua aksesoris itu berkelir hitam, sehingga menguatkan kesan sporty, termasuk velg 18 inci yang juga berwarna hitam. Belum lagi dua moncong knalpot di bawah bumper, yang membuat HR-V Turbo kian berkesan galak.

Baca juga:  Pemenang Honda Community E-Sport National Mobile Legends

Tampilan sporty juga menyasar interior, yang didominasi lapisan kulit warna merah dengan paduan hitam. Kombinasi warna itu juga diterapkan pada dashboard, konsol, dan armrest. [dp/TGH]