Presiden Jokowi Lepas Ekspor 1,5 Juta Unit Motor Yamaha ke Sejumlah Negara

Presiden Jokowi bersama petinggi Yamaha Group melakukan seremoni pelepasan unit ekspor Yamaha ke dunia.

JAKARTA (DP) – Presiden RI Joko Widodo menyaksikan sekaligus melakukan seremoni pelepasan ekspor beberapa produk Yamaha ke sejumlah negara di lima benua, di Pabrik Global YIMM, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (3/12) lalu.

Total Yamaha telah mengirimkan 1,5 juta unit yang terdiri dari Xmax, Nmax, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain.

Sementara negara-negara tujuan ekspor diantaranya Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Prancis, Australia, dan negara-negara di Afrika. Yamaha Indonesia dipercaya principal Yamaha Jepang untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor di pasar global.

 

Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Group dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan,” kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, dalam keterangan resminya.

Baca juga:  Merah Putih Berkibar di Kejuaraan Reli Malaysia 2018

Pada 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set, atau naik 14,7 kali lipat dibandingkan 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94%, serta komposisi produksi ekspor sebesar 25% dari produksi.

Kinerja ekspor ini secara signifikan berdampak positif bagi Ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta, atau setara Rp 11,8 triliun.

“Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor pada masa yang akan datang. Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global,” pungkas Morimoto. [dp/MTH]