Xpander Datang, Garuda Indonesia ‘Gusur’ Armada Lawas

Garuda Indonesia resmi 'meminang' Mitsubishi Xpander sebagai kendaraan operasional awak kabin.

TANGERANG (DP) – Debut PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memasuki pasar fleet khusus untuk kendaraan penumpangnya terbilang cukup mengejutkan. Adalah Garuda Indonesia yang berhasil ‘dipinangnya’.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 401 unit Mitsubishi Xpander bakal menjadi kendaraan operasional awak kabin maskapai tersebut di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Selanjutnya, seluruh unit Xpander tipe GLS MT ini ditujukan sebagai moda transportasi seluruh awak kabin Garuda Indonesia dari tempat tinggalnya di Jabodetabek menuju ke bandar udara Soekarno-Hatta.

“Kami dari Garuda Indonesia sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan di segala sisi. Begitu juga untuk kendaraan operasional karyawan, awak kabin kami fresh, jadi dibutuhkan kendaraan yang ‘fresh’ juga tapi tetap safety,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara.

Naoya Nakamura menyerahkan simbolisasi kunci Xpander kepada Ari Askhara.

Sebagai informasi, dari total 401 unit yang telah diserahkan ke maskapai penerbangan milik pemerintah (BUMN) ini, terbagi dalam dua tahap. Pertama pada Oktober lalu sebanyak 119 unit Xpander telah diserahkan oleh PT Aerotrans Service Indonesia kepada Garuda Indonesia.

Baca juga:  Dealer Mitsubishi ke-145 Hadir di Jakarta Selatan

Tahap berikutnya yaitu 282 unit pun telah disiapkan sebagai armada operasional. Tidak ada penambahan fitur pada armada Xpander itu, selain tentunya ditempelkannya stiker khas maskapai Garuda Indonesia di sisi kanan-kiri eksteriornya.

“Sebelumnya, armada yang kami sewa atau beli datang dari Toyota dan Honda. Saat ini, pilihan kami jatuh kepada Xpander, sementara yang masih beroperasi adalah Mobilio. Jadi, jika Mitsubishi bisa menyediakan unit yang dibutuhkan, saat itu juga kami akan mengganti (mobilio) yang beroperasi,” tambah Ari.

“Ini jadi sebuah kerja sama antara sang nomor satu dengan sang nomor satu yang sangat baik dan harmonis. Dapat dikatakan, kerja sama ini merupakan bisnis fleet yang terbesar bagi kami saat ini,” kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

Xpander tipe GLS MT sebagai unit operasional awak kabin Garuda Indonesia.

Nakamura meyakini dengan terjalinnya kerja sama dengan Garuda Indonesia, memunculkan penjajakan bisnis fleet untuk Xpander dengan instansi lain kedepannya.

Baca juga:  Dealer Mitsubishi ke-145 Hadir di Jakarta Selatan

“400 unit Xpander yang dipergunakan Garuda Indonesia akan sangat mempengaruhi pasar fleet di Indonesia saat ini, tentunya bakal diketahui fleet-fleet lainnya,” tutup Nakamura. [dp/MTH]