Lihat! Ada Nissan Juke ‘Aneh’ Beroda Segitiga


TOKYO (DP) – Sekitar dua pekan lagi hajatan Tokyo Auto Salon 2019 resmi dibuka. Sebagai pabrikan tuan rumah, Nissan akan menemani para rivalnya untuk memajang deretan model custom yang mereka punya, salah satunya Juke berpenampilan ‘aneh’.

Berjuluk Juke Nismo RSnow, crossover ini dibekali beragam aksesoris dan komponen yang menyulap penampilannya jauh berbeda dari versi standar. Tak hanya dari sisi tampilan berbeda, Juke Nismo RSnow juga memiliki fungsionalitas berbeda dari Juke biasa.

Jika Juke standar menggunakan roda biasa seperti mobil kebanyakan, Juke Nismo RSnow menggelinding di atas roda berbentuk segitiga. Kok bisa?

Bisa saja, karena roda segitiga tidak menggelinding, melainkan sebagai bantalan untuk bergeraknya rangkaian metal untuk melintasi permukaan jalan bersalju atau berlumpur. Fungsi dan cara kerja roda ini mirip dengan tank tempur.

Dari segi tongkrongan, Juke Nismo RSnow sangat gagah, karena selain tinggi juga lebar berkat pemakaian roda yang tak lazim itu. Dirancang sebagai kendaraan petualang medan berat, Juke custom ini dilengkapi roof rack dengan lampu LED, dan mengadopsi cat bodi two-tone, yang memadukan warna putih dengan hitam dof (matte) dan beberapa aksen warna hijau.

Baca juga:  Penjualan Mobil di AS April Loyo, Jeep Paling Oke

Kehadiran Nissan di ajang pameran kendaraan custom ini bukan hal baru, karena pabrikan mobil Jepang ini juga rajin berkiprah di ajang serupa di luar Negeri Sakura. Tahun lalu, Nissan memboyong Rogue Trail Warrior Concept di New York Auto Show, yang meneruskan kiprah Rogue Warrior Concept yang tampil di Kanada pada 2016.

Menemani Juke Nismo RSnow di Tokyo Auto Salon 2019 adalah beberapa model konsep Nissan, seperti X-Trail Naomi Osaka Concept, Leaf Nismo RC dan mobil balap listrik Formula E. Selain itu ada beberapa model garapan Autech, yang meliputi Elgrand Sports Premium, Leaf Autech, GT-R Special Edition, X-Trail, Serena dan Note, serta proyek milik Nismo, yakni Leaf Nismo, Note e-Power Nismo S dan Serena Nismo. [DP/TGH]