VW Bikin Power Bank ‘Raksasa’ Buat Isi Baterai Mobil Listrik


WOLFSBURG (DP) – Power bank menjadi semacam ‘menu wajib’ di era digital seiring tingginya penggunaan peranti genggam yang butuh pengisian daya secara mobile. Tapi apakah teknologi ini bisa diterapkan pada mobil listrik?

Jawabannya bisa. Volkswagen sudah berencana menerapkan teknologi power bank untuk mengisi daya baterai mobil listrik. Proyek ini dikembangkan untuk mengantisipasi kelahiran jajaran model kendaraan listrik VW bernama ID.

Proyek yang digarap sendiri itu disebut sebagai mobile charging station dan memiliki kapasitas hingga 360 kWh, cukup untuk mengisi daya baterai 15 mobil listrik sekaligus.

Tak cuma itu, hingga empat mobil listrik bisa diisi ulang daya baterainya secara simultan di satu stasiun, yakni dua menggunakan konektor DC dan dua lainnya dengan AC, kata VW dalam keterangan tertulisnya.

Dan ketika stasiun pengisian baterai mulai habis dayanya, akan segera diganti dengan yang baru dan sudah terisi penuh dayanya.

Baca juga:  Mitsubishi Motors Tampilkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Perlu diketahui bahwa mobile charging station yang bisa dipakai untuk mobil listrik dan sepeda listrik ini juga bisa dihubungkan langsung dengan power supply. Dengan begitu dapat diisi dayanya hingga 30 kW via arus bolak-balik, sehingga dengan solusi ini, VW tak perlu menggantinya ketika baterai sudah habis dayanya.

Raksasa otomotif Jerman ini juga memikirkan untuk mengembangkan penyimpanan daya listrik temporer yang berasal dari sumber energi berkelanjutan.

“Stasiun pengisian daya ini bisa diisi ulang dayanya dengan energi surya atau angin, yang kemudian dapat disalurkan ke mobil listrik selama masa pengisian daya,” sebut Head of Technical Development di VW Group, Mark Moller.

Volkswagen akan membangun stasiun pengisian daya cepat pada semester pertama 2019 di kota yang menjadi markas mereka, yakni Wolfsburg, Jerman, seraya mendukung perluasan infrastruktur pengisian daya di area perkotaan.

Setahun kemudian, proyek charging station itu akan diterapkan di beberapa kota lainnya, dan lokasinya dapat dibagikan online atau via aplikasi mobile.

Baca juga:  Honda e Resmi Dijual Mulai Musim Panas 2020

Produksi massal sistem ini akan dimulai pada 2020, dan teknologi ini dipandang penting oleh Volkswagen karena mereka sibuk mempersiapkan peluncuran mobil listrik ID. [DP/ TGH]